Gerindra Akui Posisi di Pemerintahan Untungkan Partai Hadapi Pemilu

Ade Rosman
10 Agustus 2023, 19:17
Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Habiburokhman
Katadata/Wahyu Dwi Jayanto
Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Habiburokhman

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Habiburokhman mengungkapkan posisi partainya yang berada dalam pemerintahan memberi keuntungan dalam menghadapi pemilu 2024. Dia menyebut partainya jadi meraih sejumlah kemudahan. 

"Sekarang dengan posisi kami tidak berseberangan dengan kekuasaan sedikit jauh lebih baik, semua program dan visi misi kami disampaikan dengan lebih leluasa tanpa adanya gangguan kekuasaan," kata Habiburokhman dalam kegiatan Silaturahmi Nasional Virtual & Pembekalan Materi dan Konsolidasi Relawan Prabowo, Kamis (10/8).

Habiburokhman mengatakan posisi partai di pemerintah tak hanya menguntungkan untuk pemilu. Ia menyebut upaya partai memenangkan Prabowo dalam pemilihan presiden pun menjadi lebih mudah. Gerindra menurut dia tak perlu melontarkan pernyataan agresif seperti pada pemilu 2019 lalu. 

"Cukup kami menyebarkan narasi-narasi positif, narasi bahwa kami adalah penengah, narasi bahwa kami mengayomi semua elemen bangsa, termasuk dua kompetitor kami, kubu G dan kubu A," kata Habiburokhman. 

Wakil Ketua Komisi Hukum DPR itu mengatakan, sejumlah lembaga survei terpercaya saat ini menggambarkan posisi Prabowo unggul dalam simulasi Pilpres 2024. Hal ini berbeda dengan dua kontestasi sebelumnya yakni Pilpres 2014 dan 2019.

Ia menyebut berdasarkan sejumlah lembaga survei, Gerindra diyakini bisa membawa Prabowo menang dalam pilpres. "Banyak lembaga survei mengatakan, kalau tidak ada kejadian luar biasa, Pak Prabowo jadi presiden," kata Habiburokhman lagi.

Saat ini, Partai Gerindra tengah tergabung bersama Partai Kebangkitan Bangsa dalam Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya. Meski kerja sama keduanya telah terjalin lebih dari 11 bulan, namun belum ada kesepakatan tentang siapa cawapres yang akan mendampingi Prabowo dalam Pilpres 2024. 

Adapun Prabowo telah mendapatkan dukungan resmi dari Partai Bulan Bintang. Dua partai lain yang saat ini tengah menjajaki kerjasama dengan Gerindra untuk mengusung Prabowo adalah Partai Gelora dan Partai Solidaritas Indonesia. 

Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...