Partai Ummat Tepis Kabar Dukung Prabowo, Bulat Usung Anies di Pilpres

Ade Rosman
15 Agustus 2023, 06:39
Ketua Umum Partai Ummat Ridho Rahmadi
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/rwa.
Ketua Umum Partai Ummat Ridho Rahmadi (kanan) dan Sekretaris Jenderal Partai Ummat Ahmad Muhajir Sodruddin (kiri) berjalan bersama untuk menyerahkan berkas pendaftaran sebagai partai politik calon peserta Pemilu 2024 di Kantor KPU, Jakarta, Jumat (12/8/2022).

Ketua Umum Partai Ummat Ridho Rahmadi mengatakan partainya tetap konsisten mendukung Anies Baswedan di pemilihan presiden 2024 mendatang. Dukungan resmi untuk Anies telah dideklarasikan Partai Ummat pada Rabu (15/2) lalu. 

Menurut Ridho pemberitaan yang menyebut bahwa Ketua Dewan Pembina Partai Ummat Amien Rais berubah arah mendukung Prabowo tidak benar. Ia menyebut jawaban untuk mendukung Prabowo disampaikan Amien dalam konteks menjawab pertanyaan wartawan yang bertanya ihwal dukungan Partai Ummat bila Anies gagal maju di pilpres. 

Insyaallah Pak Amien Rais dan Partai Ummat bulat-utuh mendukung Anies Baswedan. Pak Amien belum pernah menyatakan dukung Prabowo,” ujar Ridho saat dikonfirmasi Katadata seperti dikutip, Selasa (15/8).

Menurut Ridho dinamika politik yang bergerak cepat dalam beberapa waktu terakhir sangat cepat. Ia mengkritik pola koalisi yang terbangun dengan menganalogikan sebagai akrobat sana-sini oleh grup sirkus. Hal itu lantaran menurut Ridho koalisi yang terbangun terkesan tidak memberikan pendidikan politik kepada masyarakat. 

“Koalisi Capres harusnya melembagakan titik singgung partai-partai politik. Titik singgungnya adalah kriteria-kriteria Capres yang dirumuskan berdasarkan kebutuhan mendesak bangsa ini,” ujar Ridho. 

Ridho menyebut koalisi yang hanya berdasarkan pada keuntungan semata membuat hubungan menjadi lemah. Ia menilai koalisi partai politik pendukung Prabowo dan Ganjar yang ada sekarang berpotensi pecah lantaran terbentuk atas kepentingan. 

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...