PDIP Klaim Tak Gentar Hadapi Koalisi Gemuk Pendukung Capres Prabowo

Ade Rosman
14 Agustus 2023, 14:36
PDIP
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/Spt.
Kader Partai PDI Perjuangan mengikuti pelatihan jurkam tingkat nasional dalam menghadapi Pemilu 2024 di Sekolah Partai DPP PDI Perjuangan, Jakarta, Sabtu (5/8/2023).

Ketua DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Ahmad Basarah menyatakan partainya tak mempersoalkan bergabungnya Golkar dalam koalisi pendukung Prabowo Subianto di pemilihan presiden 2024 mendatang. Keputusan itu diambil Golkar di tengah upaya membentuk tim teknis untuk berkoalisi mendukung capres yang diusung PDIP, Ganjar Pranowo. 

Menurut Basarah partai banteng tak mempermasalahkan berpalingnya arah koalisi Partai Golkar. Ia menyebut selama belum ada keputusan resmi dinamika politik bisa saja terjadi. 

"Kami anggap sesuatu hal yang wajar dalam dinamika politik seperti ini, karena yang penting bagi kami sebuah kerja sama politik itu dasarnya harus kesukarelaan, keikhlasan, kehendak bersama tidak boleh ada kawin paksa ya, sehingga harus satu sama lain saling bekerja sama," kata Basarah di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (14/8).

Saat ini, PDIP merupakan satu-satunya partai politik yang telah memenuhi presidential threshold atau ambang batas pencalonan presiden 20 persen. Artinya, PDIP dapat mengusung sendiri calon Presidennya pada Pilpres 2024.

Meski begitu, Basarah mengatakan, PDIP tak mau jumawa dan menyombongkan diri. Menurut Basarah, PDIP tetap membuka diri untuk menjajaki hubungan dengan partai politik lain namun dengan catatan tidak ada yang memaksakan diri dan berlandaskan pada kesukarelaan.

Sebelumnya PDIP bersama Partai Golkar sepakat membentuk tim teknis. Nantinya tim teknis itu tersebut akan secara rutin membahas mengenai wacana koalisi di antara kedua partai dalam kontestasi Pilpres 2024. Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto mengatakan, tim teknis diperlukan untuk membahas masalah-masalah teknis.

"Partai Golkar sudah membentuk tim teknis, dipimpin oleh saudara Pak Melchias Markus Mekeng," Kata Airlangga di kediamannya, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (27/7). Airlangga menyampaikan hal itu usai melakukan pertemuan dengan Ketua DPP PDIP Puan Maharani.

Halaman:
Reporter: Ade Rosman, Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...