Prabowo Resmikan Rumah Relawan, Terima Dukungan dari Pengikut Jokowi

Ade Rosman
15 Agustus 2023, 13:29
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto memberikan pidato saat deklarasi dukungan di Museum Perumusan Naskah Proklamasi, Jakarta, Minggu (13/8/2023).
ANTARA FOTO/Galih Pradipta/YU
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto memberikan pidato saat deklarasi dukungan di Museum Perumusan Naskah Proklamasi, Jakarta, Minggu (13/8/2023). Partai Golkar dan PAN resmi berkoalisi dengan Partai Gerindra dan Partai PKB untuk mendukung Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto maju dalam pemilihan presiden (Pilpres) 2024.

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dijadwalkan meresmikan Rumah Pemenangan Relawan Prabowo Presiden di Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat Selasa (15/8). Pada kesempatan Prabowo juga direncanakan menerima dukungan resmi dari organ relawan pendukung Presiden Joko Widodo. 

Ketua Umum DPP Prabowo Mania 08 Immanuel Ebenezer atau Noel mengungkapkan dukungan untuk Prabowo lantaran dinilai menjadi sosok yang tepat menggantikan Jokowi.  Pada pemilu 2019 Immanuel dan kelompoknya mendukung Jokowi maju di pilpres. Ia menyebut pemilu 2024 merupakan pemilu presiden yang sudah ditakdirkan menjadi jatahnya Prabowo. 

"Maka wajar saja kalau hari demi-hari dukungan terhadap Prabowo semakin bertambah dan mengalir terus," kata Noel dalam keterangan resmi seperti dikutip Selasa (15/8).

Pada kontestasi Pilpres 2024, Prabowo saat ini telah mengantongi dukungan dari lima partai politik parlemen dan satu partai non parlemen. Dukungan itu berasal dari Partai Golkar, Partai Gerakan Indonesia Raya, Partai Amanat Nasional, Partai Kebangkitan Bangsa dan Partai Bulan Bintang. Dukungan dari lima partai membuat Prabowo mengantongi tiket capres dengan 42% suara pada pemilu 2019. 

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto mengatakan dukungan diberikan pada Prabowo lantaran Menteri Pertahanan tersebut tak dapat dipisahkan dengan partai berlogo pohon beringin itu. Prabowo memiliki sejarah yang panjang dan kedekatan dengan Golkar. 

"Prabowo Subianto lahir dari rahim Partai Golkar. Oleh karena itu beliau selalu mengikuti kegiatan di Partai Golkar, dan kekaryaannya tidak diragukan lagi. Ini egaliter, searah, sejalan, dan setujuan dengan Partai Golkar," kata Airlangga.

Sementara itu, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan mengatakan memberikan dukungan pada Prabowo lantaran telah bekerja sama 10 tahun dengannya. "Kami sudah 10 tahun bareng-bareng  dengan Pak Prabowo. Kalau tinggal sedikit, kenapa tidak sabar? Kami meyakini perjuangan 10 tahun akan tuntas," kata Zulkifli Hasan. 


Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...