Link Streaming dan Jadwal Pidato Kenegaraan Jokowi Hari Merdeka ke-78

Ira Guslina Sufa
16 Agustus 2023, 08:58
Sidang MPR pidato kenegaraan
ANTARA FOTO/Galih Pradipta/rwa.
Pegawai mengikuti gladi bersih persiapan Pidato Kenegaraan Presiden di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (15/8/2023).

Majelis Permusyawaratan Rakyat atau MPR akan menggelar sidang tahunan hari ini, Rabu (16/8). Sidang yang digelar di gedung Nusantara tersebut merupakan sidang pertama MPR pada 2023 ini. 

Ketua MPR Bambang Soesatyo menjelaskan sidang tahunan MPR akan diselenggarakan dalam satu rangkaian dengan sidang bersama Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dan Dewan Perwakilan Daerah (DPD). Agenda pokok sidang tahunan MPR dan sidang bersama DPR/DPD Tahun 2023 adalah pidato presiden Republik Indonesia tentang penyampaian laporan kinerja lembaga-lembaga negara. 

Dalam rangkaian sidang tahunan Presiden juga akan menyampaikan pidato kenegaraan dalam rangka HUT kemerdekaan ke-78 Republik Indonesia. Setidaknya ada 1.549 undangan yang telah disebar.  

Undangan di antaranya ditujukan untuk Presiden dan Wakil Presiden RI, mantan presiden dan mantan wakil presiden, mantan ketua MPR/DPR dan DPD, pimpinan lembaga negara, seluruh anggota MPR yang terdiri dari DPR dan DPD. 

Selain itu para menteri kabinet Indonesia yang maju dan pejabat setingkat menteri juga diundang. Ada juga undangan untuk ketua umum partai politik yang mewakili keterwakilan DPR juga turut diundang. Juga untuk raja-raja Nusantara, ketua ormas keagamaan dan perwakilan teladan dari seluruh Nusantara. 

Bambang menjelaskan berbagai persiapan telah dilakukan oleh MPR, untuk memastikan agenda sidang MPR 2023 berjalan lancar dan sukses. Persiapan itu di antaranya rapat pimpinan majelis pada 8 Agustus dan pertemuan konsultasi majelis dengan presiden Republik Indonesia pada 9 Agustus lalu.  

Untuk masyarakat yang ingin mengikuti sidang tahunan MPR dan mendengar pidato Jokowi juga bisa mengikuti melalui siaran langsung. MPR memfasilitasi masyarakat dengan mengakses lewat link berikut

Youtube DPR RI I

https://youtube.com/live/lzksFaAzNww?feature=share

Youtube Parlemen Channel [English]

https://youtube.com/live/k_Buespsvnw?feature=share

Facebook DPR RI

https://www.facebook.com/events/1705520033253925/

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...