Pidato di Sidang Tahunan MPR, Presiden Jokowi Kenakan Baju Adat Maluku

Ade Rosman
16 Agustus 2023, 09:15
Pidato Jokowi
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana tiba di gedung DPR/MPR sekitar pukul 08.35 WIB, Rabu (16/8/2023).

Presiden Joko Widodo akan menyampaikan pidato pada Sidang Tahunan MPR RI serta Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI Tahun 2023, pada Rabu (16/8). Merujuk jadwal dari penyelenggara sidang tahunan akan digelar mulai pukul 09.30 WIB 

Berdasarkan pantauan Katadata.co.id di kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jokowi tiba sekitar pukul 08.30 WIB bersama Iriana Joko Widodo. Pada kesempatan tersebut, Jokowi mengenakan baju adat dari daerah Tanimbar Maluku. Sedangkan Iriana menggunakan kebaya berwarna krem.

Pada agenda itu, Presiden Joko Widodo akan menyampaikan dua pidato di Ruang Rapat Paripurna, Gedung Nusantara MPR/DPR/DPD RI, Senayan, Jakarta.

Pertama, Presiden akan menyampaikan pidato pada Sidang Tahunan MPR RI serta Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI Tahun 2023. Sebelum pidato yang disampaikan Presiden, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo akan membuka Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI Tahun 2023.

Kemudian dilanjutkan dengan pidato pengantar Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI oleh Ketua DPD RI La Nyala Mattalitti. Sementara itu, Wakil Presiden Ma'ruf Amin tiba dengan mengenakan pakaian Demang khas adat Betawi sekitar pukul 08.30. Wapres didampingi oleh sang istri Wury Estu Handayani alias Wury Ma'ruf Amin.

Ma'ruf juga mengenakan pakaian atas berupa setelan pakaian Demang berwarna hitam dipadu dengan kain bertumpal berwarna merah. Setelah atas itu dilengkapi dengan hiasan rantai di dada menemani lambang kepresidenan serta memakai peci hitam. 

Sementara itu, Wury Ma'ruf mengenakan kebaya nasional berwarna coklat dipadukan dengan selendang berwarna senada dan songket Bali bernuansa gelap.


Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...