Atasi Polusi, Kementerian Parekraf Terapkan 4 Hari WFH dan 1 Hari WFO

Tia Dwitiani Komalasari
16 Agustus 2023, 11:04
Penumpang TransJakarta melintas di sekitar Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Senin (14/8). Sebagian besar warga terlihat mengenakan masker. Seminggu terakhir ini polusi udara di Jabodetabek menjadi sorotan masyarakat. Kualitas udara di Jakarta masuk katego
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Penumpang TransJakarta melintas di sekitar Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Senin (14/8). Sebagian besar warga terlihat mengenakan masker. Seminggu terakhir ini polusi udara di Jabodetabek menjadi sorotan masyarakat. Kualitas udara di Jakarta masuk kategori tidak sehat.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mulai menerapkan sistem kerja hibidra dalam satu hingga dua minggu ke depan. Sistem kerja tersebut yaitu empat hari bekerja di rumah atau work from home (WFH) serta satu hari bekerja di kantor atau work from office (WFO).

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) sekaligus Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ad Interim Sandiaga Uno mengakui kualitas udara di kawasan Jakarta, Bogor, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek) semakin memprihatinkan.

“Memang kualitas udara di Jabodetabek ini sudah semakin memprihatinkan, terutama diakibatkan oleh beberapa fenomena yaitu transportasi, industri, dan juga cuaca, namun kami telah mencanangkan bahwa Kemenparekraf akan gerak cepat untuk menangani permasalahan ini,” ujar Sandiaga dalam The Weekly Brief with Sandi Uno yang digelar di Jakarta, Senin (15/8).

Dirinya menyebut akan memberikan instruksi langsung kepada pegawai di lingkungan Kemenparekraf untuk kembali menerapkan WFH. Pegawan Kemenparekraf juga diimbau menggunakan transportasi publik dalam beraktivitas sehingga diharapkan mampu menurunkan polusi udara.

Sandiaga menambahkan, dirinya juga akan mulai untuk tidak menggunakan mobil meskipun kendaraan yang digunakannya adalah mobil listrik. “Dan saya mulai menggunakan kendaraan umum dan lari ke kantor sebagai bagian dari menurunkan polusi yang ada di Indonesia,” ujarnya.

Sementara untuk jangka panjang, dirinya menyebut perlu ada peningkatan dari segi ruang terbuka hijau, konversi dari industri yang tidak menggunakan energi ramah lingkungan serta beberapa destinasi wisata super prioritas akan diarahkan untuk memanfaatkan elektrifikasi.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...