Joe Biden Ucapkan Jokowi Selamat HUT Kemerdekaan Ke-78 Indonesia

Ameidyo Daud Nasution
16 Agustus 2023, 18:52
joe biden, amerika serikat, HUT RI, jokowi
ANTARA FOTO/Media Center G20 Indonesia/Aditya Pradana Putra/nym.
Presiden Joko Widodo (kiri) menyambut Presiden Amerika Serikat Joe Biden saat mengunjungi persemaian dan pembibitan pohon mangrove dalam rangkaian kegiatan hari kedua KTT G20 di Taman Hutan Raya (Tahura) Ngurah Rai, Denpasar, Bali, Rabu (16/11/2022).

Presiden Amerika Serikat Joe Biden menyampaikan selamat merayakan HUT Kemerdekaan Indonesia ke-78 kepada Presiden Joko Widodo. Pesan tersebut disampaikan Biden lewat Kedutaan Besar AS di Jakarta.

"Atas nama rakyat Amerika Serikat, saya menyampaikan ucapan selamat dengan tulus kepada anda dan rakyat Indonesia," kata Biden dalam pesan kepada Jokowi seperti dikutip dari Antara, Rabu (16/8).

Biden mengatakan kemitraan Indonesia dan AS akan memajukan prinsip demokrasi dan keamanan. Kerja sama RI dan Negeri Abang Sam juga akan fokus pada kemakmuran masyarakat kedua negara.

"Kita mendorong masa depan yang cerah dan tangguh di Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka,” kata Biden.

Biden juga mengatakan Indonesia dan AS akan bekerja sama mengatasi tantangan global. Beberapa di antaranya adalah soal lingkungan dan perubahan iklim.

Ia juga memuji kepemimpinan Indonesia sebagai Ketua ASEAN dan mendukung tema ASEAN 2023 sebagai pusat pertumbuhan. "Saya berharap semakin memperluas kerja sama dan persahabatan kita di tahun mendatang," katanya.

Sebelumnya, Jokowi akan mengundang Biden untuk hadir ke Konferensi Tingkat Tinggi atau KTT ASEAN ke-43. Seperti diketahui, KTT ASEAN ke-43 akan digelar pada 5-7 September 2023 di Jakarta. 

"Konfirmasi kedatangan Presiden Amerika Serikat Joe Biden masih proses," kata Jokowi di Gedung Sekretariat ASEAN, Selasa (8/8).

Meski demikian, Biden dikabarkan tak akan datang dalam KTT tersebut. Akan tetapi, pihak Gedung Putih masih belum memastikan apakah mantan Wakil Presiden AS itu akan hadir atau tidak. 

 "Kami masih mengusahakannya," kata seorang pejabat Gedung Putih yang enggan disebutkan namanya pada Kamis (10/8) dikutip dari Reuters.

Reporter: Antara

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...