Jelang Pemilu, Anggaran Pertahanan Keamanan Capai Rp 324 T di 2024

Image title
Oleh Abdul Azis Said
16 Agustus 2023, 20:40
Jelang Pemilu, Anggaran Pertahanan Keamanan Capai Rp 324 Triliun di 2024
ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/rwa.
Warga melintas di depan alat peraga gambar serta nomor urut partai politik peserta Pemilu 2024 di Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat (11/8/2023). Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI mengizinkan setiap partai politik memasang bendera dan nomor urut partai sebelum masa kampanye dimulai pada 28 November 2023 sebagai bagian dari sosialisasi.

Pemerintah mengalokasikan Rp 324 triliun untuk pengeluaran terkait hukum, pertahanan dan keamanan pada tahun depan. Anggaran tersebut naik 2,3% salah satunya sebagai persiapan Pemilu.

Menteri Keuangan Sri Mulyani menyebut peningkatan anggaran tersebut sebagai bentuk kepastian hukum di tengah suasana geopolitik global yang meningkat. "Ini juga untuk mendukung Pemilu 2024 terutama untuk pengamanan terutama kepada Kepolisan RI," kata Sri Mulyani dalam konferensi pers RAPBN 2024 di kantor pusat Ditjen Pajak, Jakarta, Rabu (16/8).

Selain mendukung Pemilu, anggaran ratusan triliun itu juga akan dipakai untuk pengadaan berikut pemeliharaan dan perawatan alat utama sistem pertahanan (alutsista), alat material khusus (almatsus) dan alat peralatan pertahanan dan keamanan (alpalhankam). Serta pelaksanaan kegiatan operasional hukum dan pertahanan keamanan.

Anggaran juga dipakai untuk modernisasi alutsista berupa pengadaan atau penggantian pesawat udara, kendaraan tempur, dukungan pengadaan alutsista hingga pemeliharaan dan perawatan Kapal Perang Republik Indonesia (KRI), Kapal Angkatan Laut (KAL), alat apung (Alpung), dan kendaraan tempur (Ranpur).

Kepala Kepolisian RI Listyo Sigit Prabowo dalam acara yang sama dengan Sri Mulyani menyebut anggaran keamanan tahun depan bukan hanya untuk Pemilu. Anggaran juga dipakai untuk dukungan keamanan terhadap berbagai kegiatan internasional dan juga kalender Kamtibmas harian khususnya terkait kegiatan di wilayah Indonesia Timur.

Adapun anggaran untuk Polri tahun depan disiapkan Rp 114,8 triliun, naik dari tahun ini sebesar Rp 112,7 triliun. Sementara alokasi Kementerian Pertahanan turun dari Rp 144,3 triliun menjadi Rp 135,4 triliun.

Dari alokasi anggaran Polri, sebesar Rp 11,9 triliun akan dipakai untuk pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat. 

Reporter: Abdul Azis Said
Editor: Lona Olavia
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...