Jokowi Targetkan Upacara HUT Kemerdekaan RI Tahun Depan Digelar di IKN

Ameidyo Daud Nasution
17 Agustus 2023, 14:29
jokowi, ikn, ibu kota
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/hp.
Presiden Joko Widodo (kanan) menyerahkan Sang Saka Merah Putih kepada pembawa baki Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Lilly Indriani Suparman Wenda dalam Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan ke-78 Republik Indonesia di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (17/8/2023).

Presiden Joko Widodo menargetkan upacara hari kemerdekaan Indonesia tahun depan dapat dilaksanakan di Ibu Kota Nusantara. Jika terlaksana, maka upacara hari ini merupakan yang terakhir dilakukan di Jakarta.

"Tahun depan Insya Allah sudah di IKN. Kita lihat nanti," kata Presiden di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (17/8) dikutip dari Antara.

Senada dengan Jokowi, Wakil Presiden Ma'ruf Amin juga menargetkan upacara tahun depan bisa digelar di Kalimantan Timur. "Insya Allah tahun depan kita sudah melaksanakan HUT RI di ibu kota baru," kata Ma'ruf.

Dalam prosesi upacara, Jokowi juga sempat menerima laporan progres pembangunan ibu kota baru dari Kepala Otorita IKN Bambang Susantono secara daring. Bambang melaporkan para pegawai siap mengebut pekerjaannya agar target Jokowi dapat tercapai.

"Nanti ada juga investor swasta yang akan memulai membangun Nusantara menjadi kota yang tidak hanya layak huni, tetapi juga dicintai," kata Bambang.

Upacara peringatan HUT ke-78 RI di IKN
Upacara peringatan HUT ke-78 RI di IKN (ANTARA FOTO/Novi Abdi/wpa/tom.)

Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Arsjad Rasjid juga terlihat menemani Bambang saat memberikan laporan virtual kepada Jokowi. Arsjad mengajak semua pihak bahu membahu menyelesaikan proyek besar ini.

"Karena IKN ini simbol visi Indonesia 2045," kata Arsjad.

Sebelumnya Otorita IKN menyebut perayaan HUT Kemerdekaan RI pada 17 Agustus 2024 di IKN, Kalimantan Timur menjadi titik awal perpindahan ibu kota negara secara bertahap dari DKI Jakarta. Upacara kemerdekaan pada 2024 itu akan dipimpin oleh Presiden Jokowi. 

“Di situlah sebuah titik mengawali perpindahan secara bertahap ibu kota negara dari Jakarta ke IKN," ujar Deputi Pendanaan dan Investasi OIKN Agung Wicaksono dalam diskusi daring, Minggu (30/7).


Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...