Top News: Pakaian Adat Terbaik di Upacara HUT RI, Bunga Utang Rp 500 T

Aryo Widhy Wicaksono
18 Agustus 2023, 05:50
Menteri Keuangan Sri Mulyani mendapatkan hadiah busana adat terbaik saat upacara HUT RI ke-78 di Istana Negara, Jakarta, Kamis (17/8). Foto: Youtube/Sekretariat Presiden.
Youtube/Sekretariat Presiden
Menteri Keuangan Sri Mulyani mendapatkan hadiah busana adat terbaik saat upacara HUT RI ke-78 di Istana Negara, Jakarta, Kamis (17/8). Foto: Youtube/Sekretariat Presiden.

Sekretariat Negara telah mengirimkan lebih dari 8.000 undangan kepada masyarakat, untuk menghadiri Upacara Pengibaran Bendera Merah-Putih untuk memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia.

Pada upacara Detik-detik Proklamasi di Istana Merdeka Kamis (17/8) ini, para Anggota Kabinet Indonesia Maju serta tamu undangan terlihat mengenakan pakaian adat daerah.

Presiden Joko Widodo atau Jokowi terlihat mengenakan Ageman Songkok Singkepan Ageng, pakaian adat dari Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat.

Pada kesempatan ini, Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Kaesang Pangarep, putra bungsu Presiden Jokowi, termasuk di antara lima pemenang penghargaan pakaian adat terbaik. Para pemenang semuanya mendapatkan hadiah sepeda.

Hadiah sepeda atas busana adat terbaik saat upacara di Istana Merdeka, menjadi salah satu artikel terpopuler atau Top News Katadata.co.id. Selain berita ini, simak juga berita mengenai makna pakaian adat Jokowi, serta bunga utang yang hampir mencapai Rp 500 triliun.

Berikut Top News Katadata.co.id:

1. Sri Mulyani dan Kaesang Menang Busana Adat Terbaik, Dihadiahi Sepeda

Menteri Keuangan Sri Mulyani dan putra bungsu Presiden Joko Widodo Kaesang Pangarep mendapatkan hadiah sepeda. Ini karena keduanya mendapatkan penghargaan busana daerah terbaik saat upacara kemerdekaan di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (17/8).

Sri Mulyani dan Kaesang masuk dalam lima pemenang kategori peserta dengan busana adat terbaik. Sri Mulyani mendapatkan peringkat kelima, sedangkan Kaesang berada satu posisi di atasnya.

"Juara keempat pakaian adat terbaik diraih Mas Kaesang," kata pembawa acara Valeria Daniel seperti dikutip dari Antara.

Kaesang mengenakan pakaian adat dari Sulawesi Utara, lengkap dengan tombaknya. Adapun, Sri Mulyani mengenakan baju adat Soe dari Timor Tengah Selatan, Nusa Tenggara Timur.

Sedangkan pemenang pertama pakaian adat terbaik adalah Raja Amarasi yang memakai pakaian adat NTT. Di peringkat kedua adalah Gretty yang mengenakan pakaian adat Bengkulu, kemudian posisi ketiga dimenangkan tamu bernama Kohar. Ia mengenakan pakaian adat Banyuwangi, Jawa Timur.

2. Makna Baju Adat Raja Surakarta Milik Jokowi saat Upacara 17 Agustus

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menggunakan pakaian adat Ageman Songkok Singkepan Ageng saat Upacara Detik-detik Proklamasi pada peringatan Hari ulang Tahun atau HUT RI ke-78 di Istana Negara, Jakarta, Kamis (17/8).

Berdasarkan keterangan Sekretariat Presiden, pakaian tersebut adalah pakaian kebesaran Panglima Raja Pakubuwono Hadiningrat. Pakaian ini merupakan posisi tinggi dalam struktur keraton Surakarta atau Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat.

Panglima dapat diartikan pemimpin atau komandan. Sedangkan Pakubuwono Hadiningrat adalah gelar yang dikenakan oleh raja-raja Keraton Surakarta.

Dalam konteks keraton, Panglima Raja bukan seorang pemimpin militer dalam arti konvensional, melainkan seorang pejabat tinggi yang memegang peran penting dalam hierarki keraton.

Ketahui lebih banyak mengenai makna baju adat Raja Surakarta milik Jokowi.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...