6 Momen HUT RI di Istana, Tingkah Menteri PUPR hingga Sepeda Kaesang

Ira Guslina Sufa
18 Agustus 2023, 06:26
HUT Ri di Istana
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/hp.
Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Lilly Indriani Suparman Wenda (tengah) membawa Bendera Merah Putih untuk dikibarkan dalam Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan ke-78 Republik Indonesia di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (17/8/2023).

Peringatan hari proklamasi dan perayaan ulang tahun Indonesia ke-78 di Istana Negara berlangsung meriah pada Kamis (17/8). Upacara pengibaran bendera kali ini akan menjadi momen terakhir bagi Presiden Joko Widodo atau Jokowi untuk memimpin upacara di Istana Negara. 

Jokowi merencanakan peringatan HUT RI secara kenegaraan pada 2024 akan digelar di Ibu Kota Negara Nusantara, Kalimantan Timur. Pelaksanaan upacara di IKN merupakan bagian dari tekad pemerintah mendukung pemindahan ibu kota negara dari Jakarta ke kota Nusantara. 

Pada perayaan HUT RI ke-78 kemarin terdapat sejumlah momen yang menarik perhatian publik dan menjadi perbincangan di dunia maya. Salah satunya adalah tingkah kocak Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono yang tertangkap kamera memperhatikan baju yang dipakai oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir. 

Selain itu juga ada beberapa momen lain selama perayaan HUT RI di istana negara. Berikut 7 momen istimewa yang menarik perhatian publik. 

Jokowi Pakai Baju Adat

Sudah menjadi kebiasaan Presiden Jokowi untuk mengenakan baju adat saat memimpin upacara 17 Agustus di Istana Negara. Hal ini sudah dilakukan Jokowi sejak 2017. Pada peringatan HUT RI ke-78, Presiden Jokowi mengenakan baju adat ageman songkok sikepan ageng yang merupakan baju kebesaran Keraton Surakarta Hadiningrat. 

Berbeda dengan Jokowi istrinya Iriana mengenakan baju adat Bali. Baju adat Bali yang dikenakan Ibu Negara berwarna dominan emas dengan paduan hijau. Ibu Negara juga mengenakan mahkota emas.

Peringatan HUT RI di istana juga meriah lantaran para tamu undangan mengenakan baju adat Indonesia dari berbagai daerah. Wakil Presiden Ma’ruf Amin beserta istri Wury Ma’ruf Amin memilih mengenakan pakaian adat dari Provinsi Sumatera Barat 

Ma’ruf mengatakan pakaian adat yang dikenakan dalam upacara menunjukkan keberagaman sebagai bangsa. Dia berharap Indonesia akan terus melaju menuju Indonesia maju.

“Karena memang sudah saatnya pada usia Indonesia yg ke-78 ini kita dapat wujudkan visi besar kita Indonesia dan juga sudah saatnya kita membuat sejarah yang harus menjadi kebanggaan masyarakat Indonesia ke depan dan kita mulai hari ini dan di tempat ini saya kira,” kata Ma’ruf

Wapres pun optimistis penyelenggaraan upacara kemerdekaan pada tahun 2024 akan bisa dilaksanakan di Ibu Kota Nusantara sebagaimana direncanakan.

Presiden Joko Widodo, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Ibu Negara Iriana Joko Widodo, dan Didit Hediprasetyo di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (17
Presiden Joko Widodo, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Ibu Negara Iriana Joko Widodo, dan Didit Hediprasetyo di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (17 (Instagram/Prabowo Subianto)

Pembawa Baki Tuntaskan Tugas Meski Sepatu Lepas 

Anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) yang membawa baki bendera, Lilly Indriani Suparman Wenda, menuntaskan tugas meski sepatu kirinya terlepas saat Upacara Detik-Detik Proklamasi di Istana Merdeka. Lilly merupakan anggota Paskibraka perwakilan Provinsi Papua Pegunungan yang bertugas bersama dengan Tim Indonesia Maju.

Berdasarkan tayangan video Upacara Detik-Detik Proklamasi, seperti disiarkan melalui akun YouTube Sekretariat Presiden, Kamis, Lilly tampak masih mengenakan kedua sepatunya saat menerima duplikat bendera pusaka dari Presiden Joko Widodo. Dia pun membawa Sang Merah Putih di lapangan Istana Merdeka untuk dikibarkan. 

Saat itu Lily menjalan tugas bersama Nathaniel Shawn Edgar Sondakh, yang mewakili Provinsi Sulawesi Utara sebagai pembentang. Juga ada   Alfin Alfarisi perwakilan dari Sumatra Barat sebagai pengerek bendera merah putih.

Saat barisan Paskibraka bergerak maju dari lapangan Istana Merdeka menuju mimbar Presiden Jokowi, Lilly terlihat hanya mengenakan sepatu sebelah kanan saja. Namun demikian, hal itu tidak berpengaruh pada penampilannya. Lilly tetap fokus dan tersenyum menyelesaikan tugas hingga Paskibraka keluar menuju sisi kanan Gedung Istana Merdeka.

Lilly adalah pelajar SMA N 1 Wamena dan merupakan perwakilan pertama dari Provinsi Papua Pegunungan, salah satu dari tiga provinsi baru di Papua, sebagai anggota Paskibraka. Dia bersama 75 orang anggota Paskibraka dikukuhkan Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta, Selasa (15/8).

Erick Thohir Digoda Menteri Basuki 

Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir membagikan video dirinya digoda Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono saat menghadiri Upacara Peringatan Detik-Detik HUT RI di halaman Istana Merdeka. Video itu diunggah Erick melalui akun Instagram @erickthohir.

Dalam keterangan video Erick menulis, “Kalo (kalau) Pak Bas (Basuki) diem (diam) anteng berarti ada yang salah.” Dalam video itu juga menyematkan tulisan, “Hidup lagi capek-capeknya, eh upacara sebelahan sama Pak Bas.”

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...