Harbolnas ASEAN Digelar 19 Agustus, Belanja Lintas Negara Dapat Diskon

Ira Guslina Sufa
18 Agustus 2023, 06:00
harbolnas
ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/hp
Warga menggunakan perangkat elektronik untuk berbelanja daring di salah satu situs belanja daring di Bogor, Jawa Barat, Senin (26/4/2021).

Pemerintah akan menggelar Hari Belanja Online ASEAN pada 19 Agustus 2023. Program yang menjadi bagian dari Pertemuan Menteri Ekonomi ASEAN (ASEAN Economy Minister/AEM ke-55) menjadi ajang bagi para pelaku usaha kecil, mikro dan menengah untuk mempromosikan produk ke negara-negara ASEAN. 

“Kalau di Indonesia namanya Harbolnas, pasti tahu kan. Jadi hari belanja online nasional, nah ini hari belanja online ASEAN,” kata Direktur Jenderal Perundingan Perdagangan Internasional Kementerian Perdagangan Djatmiko Bris Witjaksono seperti dikutip dari Antara, Jumat (18/8). 

Menurut Djatmiko, pada saat harbolnas ASEAN, pelaku usaha dari berbagai negara di Asia Tenggara akan hadir di Semarang. Namun untuk penjualan produk mereka tetap akan difasilitasi melalui daring dalam sebuah portal.

“Akan ada transaksi, jadi selain tampil di dunia maya, mereka juga akan tampil di dunia nyata,” ujar Djatmiko. 

Ia mengatakan peluncuran perdana secara luring ini merupakan yang pertama kalinya bagi harbolnas ASEAN. Program ini pertama kali diinisiasi saat pandemi Covid-19 pada 2020. Inisiatif itu muncul karena perdagangan daring dinilai menjadi mesin penggerak ekonomi sektor riil saat pandemi Covid-19.

Djatmiko meyakini harbolnas ASEAN pada 19 Agustus 2023 mendatang bisa memfasilitasi pelaku usaha terutama UMKM Indonesia agar mampu memasarkan produknya ke berbagai negara. “Ini menjadi edukasi digitalisasi yang akan memberikan manfaat bagi pelaku UMKM,” kata dia.

AEM ke-55 akan digelar pada 17-22 Agustus 2023 di Semarang, Jawa Tengah. Kegiatan AEM  akan diisi pertemuan antara menteri-menteri ekonomi ASEAN dan menteri ekonomi negara mitra. Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan akan memimpin delegasi Indonesia dalam AEM ke-55.

Reporter: Antara

Untuk kelima kalinya, Indonesia didapuk menjadi Keketuaan ASEAN. Situasi dunia tahun ini yang belum kondusif tentu menjadi tantangan tersendiri dalam mengemban amanah tersebut. Persaingan kekuatan besar dunia yang meruncing mesti dikelola dengan baik agar konflik terbuka dan perang baru tidak muncul, terutama di Asia Tenggara.

Keketuaan Indonesia juga diharapkan menjadi pintu bagi ASEAN untuk berperan aktif dalam perdamaian dan kemakmuran di kawasan melalui masyarakat ekonomi ASEAN. Untuk itu, Indonesia hendak memperkuat pemulihan ekonomi dan menjadikan Asia Tenggara sebagai mesin pertumbuhan dunia yang berkelanjutan.

Simak selengkapnya di https://katadata.co.id/asean-summit-2023 untuk mengetahui setiap perkembangan dan berbagai infomasi lebih lengkap mengenai KTT Asean 2023.

#KatadataAseanSummit2023 #KalauBicaraPakaiData

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...