Ribuan Napi Korupsi Dapat Remisi HUT RI, Termasuk Setya Novanto

Ameidyo Daud Nasution
18 Agustus 2023, 11:01
setya novanto, korupsi, remisi
ANTARA FOTO/Reno Esnir
Terdakwa kasus korupsi KTP Elektronik Setya Novanto (tengah) mengikuti sidang lanjutan di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Kamis (22/3).

Peringatan HUT ke-78 Indonesia menjadi berkah bagi para narapidana, termasuk ratusan terpidana kasus korupsi. Sejumlah koruptor mendapatkan remisi dalam memperingati kemerdekaan RI.

Dua di antaranya adalah Setya Novanto dan Imam Nahrawi yang saat ini menjadi tahanan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Sukamiskin, Kota Bandung. Keduanya mendapatkan remisi umum I atau pengurangan masa tahanan selama satu sampai enam bulan.

"Kami mengusulkan pemberian remisi 237 orang, mayoritas tahanan korupsi, dan Alhamdulillah SK sudah terbit," kata Kepala Lapas Sukamiskin, Kunrat Kasmiri di Bandung, Kamis (17/8) dikutip dari Antara.

Sebagai informasi, Setya Novanto merupakan terpidana kasus pengadaan KTP elektronik alias e-KTP pada 2018 lalu. Ia divonis penjara selama 18 tahun.

Meski demikian, semua narapidana di Sukamiskin hanya mendapatkan remisi umum I. Tidak ada penghuni rutan ini yang mendapatkan remisi umum II atau langsung bebas.

"Dari 237 orang yang mendapatkan remisi, jumlah bulannya bervariasi dari tiga sampai enam bulan," kata Kunrat.

Dari 237 orang, sebanyak 152 narapidana mendapatkan remisi tiga bulan, 38 mendapatkan remisi dua bulan, 18 mendapatkan remisi empat bulan, 17 mendapatkan remisi satu bulan, 7 orang mendapatkan remisi enam bulan, dan 5 orang mendapatkan remisi lima bulan.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...