Ulah Terbaru Setya Novanto, Sel Mewah hingga 'Menghilang' dari Lapas

Hari Widowati
27 Desember 2019, 17:01
ulah setya novanto, setya novanto tinggal di sel mewah, setya novanto keluar dari sel, sel mewah Lapas Sukamiskin, korupsi e-KTP,
ANTARA FOTO/Reno Esnir
Terpidana kasus korupsi pengadaan KTP Elektronik Setya Novanto berjalan usai mengikuti sidang pengajuan permohonan peninjauan kembali (PK) ke Mahkamah Agung (MA) di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Jakarta, Rabu (28/8/2019).

Setya Novanto kembali membuat publik heboh. Ombudsman Indonesia mendapati sel mewah yang dihuni Setya Novanto di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Sukamiskin, Bandung, Jawa Barat ketika lembaga tersebut melakukan inspeksi mendadak (sidak) pada 20 Desember lalu.

Komisioner Ombudsman Adrianus Meliala mengatakan, kamar yang dihuni mantan ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) itu tak banyak berubah dibandingkan dengan temuan pertama pada September 2018. Masih ada toilet dengan kloset duduk, kasur spring bed, exhaust fan, dan lantai berlapis parket. Seperti dikutip dari Kompastv, yang berbeda dari sel tersebut hanya wallpaper yang tidak lagi terlihat di dinding.

"Kan kesannya begini, kalau kesan di luar kan bahwa kamar ini ada yang untouchables. Nah ketika itu terjadi, bagaimana pengawasan dari pihak lapas atau pihak inspektur yang mengawasi hari-hari di sini," kata Adrianus.

Adrianus juga menyebutkan, kunci sel Novanto bahkan menggunakan sidik jari. Bukan kunci gembok seperti layaknya di sel penjara. Namun, bukan hanya Setya Novanto yang menikmati sel mewah. Ada dua sel mewah lainnya yang dihuni oleh terpidana kasus korupsi Wisma Atlet Nazaruddin dan terpidana kasus korupsi simulator SIM Djoko Susilo.

(Baca: Ulah Setya Novanto di Penjara, Sel Abal-Abal hingga Pelesiran )

Kepala Lapas Sukamiskin Abdul Karim dalam wawancara dengan Kompastv mengatakan, pada saat Ombudsman melakukan sidak, Lapas Sukamiskin tengah merenovasi sel tahanan. Oleh karena itu, Setya Novanto dan 386 tahanan lainnya tidak berada di dalam sel. Mereka ditempatkan di penampungan.

Seperti dilansir Tribunnews, Lapas Sukamiskin memiliki 557 unit kamar dengan tiga tipe. Kamar kecil berukuran 2,48 x 1,58 meter persegi sebanyak 476 kamar. Kamar sedang berukuran 2,48 x 3,3 meter persegi sebanyak 78 kamar. Terakhir, kamar besar dengan ukuran 2,48 x 7 meter persegi sebanyak tiga kamar.

"Tiga kamar besar tersebut sudah ada 12 tahun yang lalu. Sebelumnya berfungsi sebagai ruang pengamanan blok dan musala," kata Kepala Bagian Humas dan Protokol Ditjen Pemasyarakatan Ade Kusmanto, seperti dikutip Kompas.com, Selasa (24/12).

Ade mengatakan, seluruh kamar hunian tengah direnovasi agar tidak ada lagi perbedaan atau fasilitas khusus untuk narapidana tertentu. "Targetnya, awal 2020 seluruh kamar hunian Lapas Sukamiskin sesuai standar hunian berbasis hak asasi manusia (HAM)," ujarnya.

(Baca: Klaim Punya Bukti Baru, Setya Novanto Ajukan PK Kasus e-KTP)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...