Pulau Jawa Jadi Kawasan Paling Jarang Hujan di Indonesia

Lavinda
Oleh Lavinda
18 Agustus 2023, 16:35
Hujan
ANTARA FOTO/Syaiful Arif/tom.
Petani mencabuti padi yang mati di Desa Pelabuhan, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Senin (14/8/2023).

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan Pulau Jawa akan menjadi daerah dengan hari tanpa hujan terpanjang dibanding pulau-pulau lain di Indonesia.

Menurut data BMKG per 10 Agustus 2023, wilayah Jawa berada pada kategori hari tanpa hujan yang sangat panjang dan ekstrem panjang.

Berdasarkan klasifikasi jumlah hari, terdapat enam kategori hari tanpa hujan. Kategori normal artinya masih ada hujan, kategori sangat pendek berlangsung 1-5 hari, kategori pendek 6-10 hari, kategori menengah 11-20 hari, kategori panjang 21-30 hari, kategori sangat panjang 31-60 hari, kategori ekstrem panjang lebih dari 60 hari.

Sementara itu, sebagian besar wilayah Sumatra mengalami hari tanpa hujan dalam kategori sangat pendek, pendek, dan menengah.

Wilayah Kalimantan mengalami hari tanpa hujan dengan kategori sangat pendek, pendek, menengah, dan panjang. Sulawesi mengalami hari tanpa hujan dalam rentang hari yang pendek, menengah, dan panjang. Terakhir, wilayah Papua mengalami hari tanpa hujan dengan kategori sangat pendek.

Sebelumnya, pemerintah menyiapkan teknologi modifikasi cuaca sebagai senjata untuk menghadapi fenomena El Nino atau pemanasan suhu muka laut yang diprediksi berlangsung pada Agustus 2023.

Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, berdasarkan data pemodelan cuaca yang diperoleh pemerintah, fenomena El Nino diperkirakan berlangsung pada 2023. Namun, pemerintah belum dapat memastikan tingkat keparahan El Nino yang akan terjadi nanti.

"Untuk itu, kami akan bersiap dalam kondisi yang paling ekstrem sekalipun. Setidaknya sejak saat ini kami menyiapkan teknologi modifikasi cuaca sebagai senjata menghadapi El Nino," tulis Luhut di laman akun resmi Instagram miliknya, Rabu (26/4).

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...