Juara Maybank Marathon 2023 Lolos ke PON 2024 di Aceh dan Sumut

Image title
Oleh Doddy Rosadi - Tim Publikasi Katadata
27 Agustus 2023, 18:39
Juara Maybank Marathon 2023 Lolos ke PON 2024 di Aceh dan Sumut
Katadata

Dua pelari nasional Indonesia, Nurshodiq dan Irma Handayani menjadi juara nomor marathon di ajang Maybank Marathon 2023 yang digelar di Bali, Minggu (27/8/2023). Nurshodiq mencatat waktu 2 jam 30 menit di nomor marathon putra serta Irma Handayani di nomor marathon putri dengan catatan waktu 3 jam 1 menit.

Dua pelari tersebut dipastikan lolos babak kualifikasi PON 2024 yang akan digelar di Aceh dan Sumatera Utara karena berhasil finis di bawah batas waktu yang ditetapkan oleh Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI). Maybank Marathon 2023 juga menjadi wadah bagi para atlet lari nasional untuk mengikuti kualifikasi Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024.

Nurshodiq mengungkapan, ini pengalaman pertama tampil di nomor marathon pada Maybank Marathon 2023. Selama ini, dia lebih sering tampil di nomor half marathon.

“Saya tidak ada masalah dengan lintasan lari yang banyak tanjakan. Karena ini pengalaman pertama yang tampil di marathon dan juga di Maybank Marathon. Jadi saya sama sekali tidak tahu kalau lintasannya banyak tanjakan. Justru itu membuat saya tambah semangat agar bisa meraih Personal Best (catatan waktu terbaik-red) agar bisa lolos ke PON 2024,” kata Nurshodiq dalam konferensi pers di Bali Safari Park, Minggu (27/8/2023).

Irma Handayani yang juara di nomor marathon putri juga lolos ke PON 2024 karena catatan waktunya di bawah batas waktu yang ditetapkan oleh PASI.
“Saya sudah ikut Maybank Marathon sejak 2016 jadi saya sudah paham betul tentang lintasan larinya. Tadi memang sempat ada kendala jelang finis karena pelari marathon bertemu dengan pelari half marathon serta 10K sehingga saya harus minta jalan agar bisa meraih catata waktu terbaik. Tapi ternyata itu bukan masalah karena saya diberi jalan oleh peserta lain,” jelas Irma.

Sebagai juara pertama, Nurshodiq dan Irma Handayani meraih hadiah uang sebesar Rp100 juta dari PT Bank Maybank Indonesia. Untuk kategori Marathon Open Male dimenangkan oleh Geoffrey Kiprotich Birgen pelari asal Kenya nomor punggung 10215 dengan catatan waktu terbaik 02:15:04, sedangkan untuk kategori Marathon Open Female dimenangkan oleh Sophy Jepchirchir asal Kenya nomor punggung 22 dengan catatan waktu terbaik 02:31:04.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...