BMKG: Hari Ini Hujan Lebat dan Angin Kencang di Sejumlah Wilayah

Lona Olavia
30 Agustus 2023, 07:55
BMKG: Hari Ini Hujan Lebat dan Angin Kencang di Sejumlah Wilayah
ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas/foc.
Pengendara roda dua menerobos hujan di Pandeglang, Banten, Senin (13/3/2023).

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyampaikan peringatan dini perihal peluang terjadinya hujan lebat dan angin kencang di sejumlah wilayah pada Rabu (30/8).

Peringatan dini yang disiarkan oleh BMKG menyebutkan, hujan lebat berpeluang terjadi di bagian wilayah Aceh, Sumatera Utara, Sumatra Barat, Riau, Kepulauan Riau, Sumatera Selatan, Kalimantan Utara, Maluku Utara, Papua Barat, dan Papua.

Hujan lebat dapat menyebabkan bencana alam seperti banjir dan tanah longsor. Oleh karena itu, warga diimbau meningkatkan kewaspadaan jika hujan lebat turun dalam waktu lama.

BMKG juga mengimbau masyarakat untuk mewaspadai potensi angin kencang dengan kecepatan di atas 45 kilometer per jam di wilayah Aceh, Sumatera Selatan, Nusa Tenggara Barat (NTB), Nusa Tenggara Timur (NTT), Kalimantan Utara, Sulawesi Utara, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Maluku, dan Papua.

Selain itu, BMKG menyampaikan bahwa curah hujan rendah dan peningkatan suhu udara dapat meningkatkan risiko kebakaran hutan atau lahan di beberapa daerah.

Menurut peringatan dini BMKG, kebakaran hutan dan lahan berpeluang terjadi di bagian wilayah Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Selatan.

Warga diimbau tidak melakukan tindakan yang bisa meningkatkan kemungkinan terjadi kebakaran hutan dan lahan, seperti melakukan pembakaran untuk membersihkan atau membuka lahan.

Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...