Top News: Meniru Cina Atasi Polusi Udara, Siap-siap Tilang Uji Emisi

Aryo Widhy Wicaksono
5 September 2023, 05:55
Lanskap suasana gedung diselimuti kabut polusi udara di Jakarta pada Selasa (22/8) masih buruk.
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Lanskap suasana gedung diselimuti kabut polusi udara di Jakarta pada Selasa (22/8) masih buruk.

Beragam usaha sudah pemerintah kerjakan untuk mengurangi polusi udara di Jakarta, dari kebijakan kerja dari rumah (WFH), hujan buatan, hingga penyemprotan jalan. Akan tetapi indeks kualitas udara (AQI) di ibu kota masih berada di kategori merah dan jingga, yang berarti tidak sehat dan tidak sehat bagi kelompok sensitif.

Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin, kemudian mengusulkan agar Indonesia meniru Cina dalam mengatasi persoalan polusi udara. Jika negara-negara lain memerlukan waktu hingga 20 tahun, Cina membutuhkan waktu tujuh tahun.

Strategi Cina untuk mengurangi polusi dalam waktu singkat, menjadi artikel terpopuler atau Top News Katadata.co.id. Selain itu, ketahui juga rekayasa buka tutup lalu lintas selama pelaksanaan KTT ASEAN, serta respons anak bos BCA terkait kehebohan hibah saham.

Berikut Top News Katadata.co.id:

1. Menimbang Jurus Sakti ala Cina Atasi Polusi Udara

Sudah dua pekan para aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menjalankan sistem kerja dari rumah (WFH) demi mengurangi polusi udara. Jumlah aparatur sipil negara di DKI Jakarta yang dikenai WFH pun ditingkatkan per September, dari 50% menjadi 75%.

WFH menjadi salah satu ikhtiar pemerintah untuk mengatasi persoalan polusi udara yang dianggap berasal dari sumber bergerak atau kendaraan.

Pada 31 Agustus lalu, Indeks Standar Pencemar Udara (ISPU) milik Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) mencatat, tiga dari lima stasiun menunjukkan kualitas udara berada di kategori tidak sehat dengan parameter kritis dominan PM2,5.

Di saat bersamaan, Jakarta dikelilingi daerah-daerah dengan nilai ISPU di kategori tidak sehat seperti Tangerang, Tangerang Selatan, Kota dan Kabupaten Bogor, Bekasi hingga Kabupaten Karawang. Yang menjadi parameter kritis umumnya sama, yaitu PM2,5.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengusulkan agar Indonesia meniru Cina dalam mengatasi persoalan polusi udara.

Ia menyebutkan lima hal yang dilakukan Tiongkok untuk menurunkan polusinya, yaitu pengendalian emisi industri, pengendalian emisi kendaraan bermotor, pengendalian debu, pemantauan kualitas udara, dan penurunan risiko serta dampak kesehatan.

Simak analisis lengkap mengenai jurus sakti ala Cina atasi polusi udara.

2. Jadwal Buka Tutup 29 Ruas Jalan Selama KTT ASEAN dan Jalur Alternatif

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melakukan rekayasa lalu lintas selama pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Ke-43 ASEAN pada 5-7 September 2023. Salah satunya adalah pembatasan angkutan barang di 4 ruas tol.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo, mengatakan pembatasan dilakukan bersinergi dengan Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ), Dinas Perhubungan Jawa Barat dan Dinas Perhubungan Banten serta Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo).

Pembatasan merupakan tindak lanjut Surat Keputusan (SK) Kepala BPTJ Nomor KP-BPTJ 221 Tahun 2023 tentang Pengaturan Lalu Lintas Pada Masa Penyelenggaraan KTT ke-43 ASEAN Tahun 2023 di Ruas Tol Wilayah Jakarta.

Pembatasan operasional mobil angkutan barang tersebut dilakukan pada empat ruas tol. Yaitu Cawang-Tomang-Pluit, Tomang-Pluit, Kembangan-Tomang dan Pluit-Kamal Muara.

Pembatasan dilakukan mulai 5 September 2023 pukul 00.00 WIB sampai 7 September 2023 pukul 23.49 WIB. Peembatasan operasional ini tidak berlaku bagi mobil angkutan barang bahan bakar minyak atau bahan bakar gas, ternak, hantaran pos dan uang serta pangan pokok.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...