PM Timor Leste Cium Tangan Iriana Jokowi saat Tiba di KTT ASEAN

Agustiyanti
5 September 2023, 13:34
Presiden Timor Leste tiba di KTT ASEAN 2023.
Youtube/Sekretariat Presiden
Presiden Timor Leste Xanana Gusmão tiba di KTT ASEAN 2023.

Perdana Menteri  Timor Leste Xanana Gusmao menghadiri pertemuan Konferensi Tingkat Tinggi atau KTT ASEAN di Jakarta Convention Center pada Selasan (5/9). Xanana hadir dengan status sebagai observer sebelum menjadi anggota penuh ASEAN.

Xanana Gusmao tiba sekitar pukul 09.45 WIB di Plenary Hall, Jakarta Convention Center. Kedatangannya disambut Presiden Joko Widodo dan Iriana Jokowi. 

Setibanya di lokasi, Xanana mencium tangan Iriana sebelum beralih bersalaman dengan Jokowi. Ketiganya lalu tersenyum dan mengambil foto bersama. 

Jokowi dalam sambutannya saat pembukaan KTT ASEAN ke-43  mengucapkan selamat bergabung kepada Xanana di keluarga ASEAN. 

Jokowi dan Xanan sebelumnya telah melangsungkan pertemuan bilateral di Istana Negara Jakarta pada Senin (4/9). Pada kesempatan tersebut, Jokowi mendukung upaya Timor Leste untuk menjadi negara anggota penuh ASEAN.

"Indonesia dan Timor Leste adalah saudara sehingga kemitraan kita harus semakin dipererat. Mengenai keanggotaan Timor Leste di ASEAN, Indonesia selalu mendukung," kata Jokowi.

Timor Leste secara prinsip sudah menjadi anggota ASEAN sejak November 2022. Dengan status tersebut, meski belum punya hak suara, Timor Leste telah mengikuti aneka pertemuan ASEAN selama Indonesia menjadi memegang keketuaan pada 2023.

Xanana Gusmao resmi menjadi PM Timor Leste untuk kedua kalinya pada 22 Mei 2023 menggantikan pimpinan sebelumnya, yakni Taur Matan Ruak. "Selamat datang di Jakarta serta selamat atas pelantikan Yang Mulia," ujar Jokowi.

Untuk kelima kalinya, Indonesia didapuk menjadi Keketuaan ASEAN. Situasi dunia tahun ini yang belum kondusif tentu menjadi tantangan tersendiri dalam mengemban amanah tersebut. Persaingan kekuatan besar dunia yang meruncing mesti dikelola dengan baik agar konflik terbuka dan perang baru tidak muncul, terutama di Asia Tenggara.

Keketuaan Indonesia juga diharapkan menjadi pintu bagi ASEAN untuk berperan aktif dalam perdamaian dan kemakmuran di kawasan melalui masyarakat ekonomi ASEAN. Untuk itu, Indonesia hendak memperkuat pemulihan ekonomi dan menjadikan Asia Tenggara sebagai mesin pertumbuhan dunia yang berkelanjutan.

Simak selengkapnya di https://katadata.co.id/asean-summit-2023 untuk mengetahui setiap perkembangan dan berbagai infomasi lebih lengkap mengenai KTT Asean 2023.

#KatadataAseanSummit2023 #KalauBicaraPakaiData

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...