Menlu Rusia Tiba di Indonesia untuk Hadir di KTT ASEAN ke-43

Patricia Yashinta Desy Abigail
6 September 2023, 15:52
Menlu Rusia Sergey Lavrov menghadiri Pertemuan Menteri Luar Negeri ASEAN (PMC) bersama Rusia di Jakarta, Kamis (13/7/2023).
ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal/YU
Menlu Rusia Sergey Lavrov menghadiri Pertemuan Menteri Luar Negeri ASEAN (PMC) bersama Rusia di Jakarta, Kamis (13/7/2023).

Menteri Luar Negeri Rusia, Sergey Lavrov, tiba di Bandara Soekarno Hatta, Banten pada Rabu (6/9), siang hari. Lavrov datang ke Indonesia untuk menghadiri rangkaian Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke 43.

Kedatangan Lavrov disambut oleh Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian. Sebelum memasuki mobil, Lavrov sempat menikmati tarian tradisional dan dikalungi kain selendang.

Adapun KTT ASEAN ke 43 dihadiri oleh para pemimpin negara maupun delegasi sahabat ASEAN. Beberapa di antaranya, yakni Cina, Jepang, Korea Selatan, India, Inggris, Selandia Baru, Australia, Kanada, dan Amerika Serikat.

Indonesia juga mengundang organisasi internasional Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), World Bank, International Monetary Fund (IMF), World Economic Forum, IORA, dan PIF.

Agenda KTT ASEAN ke-43 dilangsungkan di Jakarta Coventional Centre, Jakarta pada 5-7 September 2023.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan para pemimpin ASEAN mengadopsi 11 dokumen pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 ASEAN hari pertama yang berlangsung Selasa (5/9) di Jakarta. Dari 11 dokumen tersebut, terdapat tujuh deklarasi yang berkaitan dengan peningkatan ekonomi, pengembangan komunitas ASEAN, serta peningkatan pembangunan di kawasan.

Para pemimpin juga menyepakati dokumen pernyataan terkait perkembangan digital perjanjian kerangka ekonomi (DEFA) dan kerangka ekonomi biru ASEAN. “Kerangka ekonomi biru ini merupakan hal yang baru. Jadi ada pengakuan bahwa ekonomi biru merupakan sumber baru dari pembangunan berkelanjutan,” kata Retno. S

Reporter: Patricia Yashinta Desy Abigail

Untuk kelima kalinya, Indonesia didapuk menjadi Keketuaan ASEAN. Situasi dunia tahun ini yang belum kondusif tentu menjadi tantangan tersendiri dalam mengemban amanah tersebut. Persaingan kekuatan besar dunia yang meruncing mesti dikelola dengan baik agar konflik terbuka dan perang baru tidak muncul, terutama di Asia Tenggara.

Keketuaan Indonesia juga diharapkan menjadi pintu bagi ASEAN untuk berperan aktif dalam perdamaian dan kemakmuran di kawasan melalui masyarakat ekonomi ASEAN. Untuk itu, Indonesia hendak memperkuat pemulihan ekonomi dan menjadikan Asia Tenggara sebagai mesin pertumbuhan dunia yang berkelanjutan.

Simak selengkapnya di https://katadata.co.id/asean-summit-2023 untuk mengetahui setiap perkembangan dan berbagai infomasi lebih lengkap mengenai KTT Asean 2023.

#KatadataAseanSummit2023 #KalauBicaraPakaiData

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...