Megawati hingga Boediono Hadir di Gala Dinner KTT ASEAN 2023

Agustiyanti
6 September 2023, 19:22
KTT ASEAN, ASEAN, gala dinner
Katadata/Patricia Yashinta Desy Abigail
Mantan Presiden Megawati berbincang dengan Menteri Keuangan Sri Mulyani saat Gala Dinner KTT ASEAN, Rabu (6/9).

Para mantan presiden dan wakil presiden Indonea menghairi jamuan makan malam atau gala dinner KTT ASEAN 2023 di Hutan Kota GBK. Beberapa yang terpantau hadir, antara lain mantan Presiden Megawati Soekarnoputri dan mantan Wakil Presiden Boediono. 

Megawati terpantau hadir di Hutan GBK pukul 18.58 WIB. Ia tiba didampingi putrinya yang juga menjabat Ketua DPR Puan Maharani berbarengan dengan Boediono yang datang bersama sang istri. 

Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla juga terpantau hadir. Selain itu, hadir pula anak dan istri dari mantan Presiden Abdurrahman Wahid. 

Sementara itu, Presiden Joko Widodo tiba pukul 19.00 WIB. Ia dan Iriana menggunakan baju adat Betawi. Para menteri Kabinet Indonesia Maju juga terpantau sudah tiba di lokasi hingga pukul 19.10 WIB. Beberapa yang terpantau hadir, antara lain Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri Keuangan Sri Mulyani, dan Menteri BUMN Erick Thohir. 

Jamuan makan malam atau gala dinner untuk para kepala negara dan tamu undangan Tingkat Tinggi ASEAN pada Rabu (6/9) digelar di Hutan Kota by Plataran yang  berada di dalam kompleks Gelora Bung Karno. Gala dinner ini melibatkan Chef Arnold Poernomo dan sejumlah koki kenamaan lainnya. 

"Kita sudah ada tema yakni Nusantara on The Forest. Tapi untuk inspirasi setiap hidangannya,  itu kami serahkan lempar untuk setiap tim menyediakan menunya,” kata Arnold dalam video yang diunggah Sekretariat Presiden di Youtube, Rabu (6/9). 

Ia mengatakan, ada yang berbeda dari jamuan santap malam kali ini dibandingkan saat gala dinnner KTT ASEAN. Pada jamuan malam ini, ia berkolaborasi dengan sejumlah chef lainnya untuk menyajikan masakan Nusantara kepada para tamu yang hadir. Menurut Chef Arnold, jamuan makan malam ini  turut memberikan panggung kepada para koki muda. 


Untuk kelima kalinya, Indonesia didapuk menjadi Keketuaan ASEAN. Situasi dunia tahun ini yang belum kondusif tentu menjadi tantangan tersendiri dalam mengemban amanah tersebut. Persaingan kekuatan besar dunia yang meruncing mesti dikelola dengan baik agar konflik terbuka dan perang baru tidak muncul, terutama di Asia Tenggara.

Keketuaan Indonesia juga diharapkan menjadi pintu bagi ASEAN untuk berperan aktif dalam perdamaian dan kemakmuran di kawasan melalui masyarakat ekonomi ASEAN. Untuk itu, Indonesia hendak memperkuat pemulihan ekonomi dan menjadikan Asia Tenggara sebagai mesin pertumbuhan dunia yang berkelanjutan.

Simak selengkapnya di https://katadata.co.id/asean-summit-2023 untuk mengetahui setiap perkembangan dan berbagai infomasi lebih lengkap mengenai KTT Asean 2023.

#KatadataAseanSummit2023 #KalauBicaraPakaiData

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...