Panggil Sri Mulyani, Jokowi Rapat Soal Kasus di Bea Cukai

Amelia Yesidora
15 Mei 2024, 17:19
sri mulyani, jokowi, bea cukai
Fauza Syahputra|Katadata
Menteri Keuangan, Sri Mulyani hadir di sidang lanjutan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum Presiden 2024 di Mahkamah Konstitusi, Jakarta, Jumat (5/4/2024).
Button AI Summarize

Menteri Keuangan Sri Mulyani bertemu dengan Presiden Joko Widodo di Istana Negara hari ini, Rabu (15/5). Dalam pertemuan yang berlangsung selama hampir dua jam itu, Sri Mulyani melaporkan berbagai hal, salah satunya polemik Bea Cukai yang ramai dibahas di media sosial.

“Pembahasan mengenai apa yang terjadi, situasi yang dihadapi oleh seluruh jajaran di lapangan yang viral-viral,” ujar Sri Mulyani pada wartawan di Kompleks Istana Negara, Jakarta, Rabu (15/5) dikutip dari Antara.

Sri Mulyani juga menjelaskan penyebab masalah terkait kasus di Bea Cukai masih saja terjadi. Ia juga menjelaskan prosedur pembenahan kepada Jokowi.

“Kami akan terus mengambil langkah-langkah untuk memperbaikinya.” katanya. Meski demikian, Sri Mulyani tak menjelaskan apa arahan detail Jokowi dalam rapat tersebut.

Sebelumnya, Jokowi mengatakan dirinya akan menggelar rapat khusus terkait Bea Cukai. Rapat akan membahas beberapa masalah dan kasus yang menjadi sorotan dan kritik masyarakat.

"Ya nanti akan kami rataskan di rapat internal," kata Jokowi kepada wartawan seusai meninjau Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Rumah Sakit Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara pada Selasa (14/5).

Warganet ramai membahas Bea Cukai terkait beberapa kasus yang menjadi viral. Salah satu contohnya adalah biaya bea masuk yang lebih tinggi dari harga barang yang dibeli, barang impor action figure yang rusak setelah dicek, barang untuk sekolah luar biasa yang tertahan selama 2 tahun, hingga peti jenazah yang dikenakan bea masuk 30% karena dianggap barang mewah.

Sri Mulyani juga meminta Direktur Jenderal Bea Cukai Askolani berbenah agar mampu memetakan risiko dari perubahan ekosistem dan dinamika masyarakat saat ini.

“Terus bangun sinergi yang makin kuat bersama APH dan K/L lain untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” ujar Sri Mulyani dalam akun Instagramnya dikutip Selasa (14/5).


Reporter: Antara

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...