Partai Demokrat: Keputusan Koalisi Ditetapkan saat Rapimnas

Lavinda
Oleh Lavinda
9 September 2023, 13:26
Partai Demokrat
ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/wsj.
Anggota Komisi VI DPR Fraksi Demokrat Herman Khaeron (kiri), pegiat HAM Gunawan (tengah) dan mantan Pilot maskapai Merpati Masykur Trisiswa (kanan) menyampaikan pandangannya dalam diskusi publik dengan tema "Nasib Tragis Pilot Merpati yang Tak Kunjung Usai" di Media Center Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (30/5/2022).

Partai Demokrat akan menentukan arah koalisi sekaligus dukungan terhadap bakal calon presiden 2024 dalam Rapat Pimpinan Nasional atau Rapimnas yang digelar bulan ini.

Ketua Badan Pembina Organisasi, Kaderisasi, dan Keanggotaan (BPOKK) Partai Demokrat Herman mengatakan pihaknya sudah menjalin komunikasi yang baik dengan pihak bakal calon presiden Ganjar Pranowo maupun Prabowo Subianto.

Dia berharap komunikasi yang berjalan baik tersebut dapat membuka jalan ke mana arah berlabuh Partai Demokrat. Kendati begitu, kata dia, keputusan akhir tetap ditentukan oleh majelis tinggi Partai Demokrat.

"Alhamdulillah, komunikasi berjalan baik dan mudah-mudahan ini adalah membuka jalan apakah nanti kepada Ganjar atau Prabowo tentu akan ditentukan di majelis tinggi partai dan terus kami bekerja, komunikasi," ucap Herman saat acara Syukuran Hari Ulang Tahun Ke-22 Partai Demokrat di DPP Partai Demokrat, Jakarta, seperti dikutip Antara pada Sabtu (9/9).

Ia menegaskan Partai Demokrat tidak bisa memaksakan kehendak kepada koalisi pendukung Ganjar maupun Prabowo.

"Sebagai pendatang baru dalam koalisinya, tentu kami juga berharap terbuka pintu itu dari pihak koalisi dan tidak bisa juga kami memaksakan," kata Herman.

Menurut Herman, Partai Demokrat memprioritaskan rencana pertemuan lebih lanjut kepada dua bakal calon presiden tersebut.

Menurut dia, komunikasi politik adalah hal penting untuk dilakukan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...