PPP Ajak Demokrat Gabung Koalisi Pendukung Ganjar Pranowo di Pilpres

Ade Rosman
8 September 2023, 14:52
PPP
ANTARA FOTO/Galih Pradipta/foc.
Plt Ketum PPP Mardiono (kedua kanan) bersama dengan Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto (kiri), Sekjen DPP Partai Hanura Kodrat Shah (kanan) dan bakal calon presiden dari PDIP Ganjar Pranowo (kedua kiri) saat peresmian rumah aspirasi relawan di Sekretariat Tim Koordinasi Relawan Nasional, Jakarta, Kamis (1/6/2023).

Juru Bicara Partai Persatuan Pembangunan Achmad Baidowi berharap Partai Demokrat dapat bergabung ke dalam barisan koalisi pengusung Ganjar Pranowo sebagai kandidat calon presiden 2024. Pendapat itu disampaikan Baidowi seiring dengan rumor dijalinnya komunikasi antara Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan dengan Partai Demokrat.

"Apalagi Mba Puan dengan Mas AHY sudah pernah ketemu, meskipun follow up dari pertemuan itu juga masih ditunggu sebenarnya. Ya mudah-mudahan bisa bersama-sama dengan kami," kata Baidowi di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (8/9).

Di sisi lain, Baidowi menganggap wacana poros baru yang sebelumnya menjadi perbincangan kian memudar. Rumor poros baru sebelumnya disinggung Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono. Saat menggelar konferensi pers atas sikap Anies Baswedan memilih Muhaimin Iskandar sebagai calon wakil presiden, SBY mengatakan ada seorang Menteri di kabinet pemerintahan yang mencoba membuat poros politik baru antara PPP, Demokrat dan Partai Persatuan Pembangunan.

"Isu poros baru sampai sejauh ini kok saya melihatnya semakin menipis. Awalnya agak santer biasa ya, terus kemudian sekarang sudah mulai menipis, menipis. Ya namanya politik segala kemungkinan bisa saja terjadi," kata Baidowi.

Berdasarkan hal itu, ia pun ragu akan terbentuknya satu poros koalisi tambahan yang akan berlaga di Pilpres 2024. Terlebih, ia pun tak yakin bahwa PKS tak akan menyodorkan nama kandidat calon, mengingat partai pimpinan Ahmad Syaikhu itu juga memiliki sejumlah kader yang mentereng.

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...