PPATK Pelototi Dana Kampanye, Ingatkan Peserta Pemilu Tak Pamer Uang

Ade Rosman
15 September 2023, 18:26
Kepala PPATK Ivan Yustiavandana
ANTARA/HO-PPATK/pri.
Kepala PPATK Ivan Yustiavandana

Kepala Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) Ivan Yustiavandana mengingatkan seluruh peserta pemilu untuk menjaga integritas. Ia mengatakan pesta demokrasi merupakan kesempatan untuk adu gagasan. 

"PPATK ingin pemilu ke depan itu pemilih menentukan pimpinan dengan adu gagasan, visi, dan misi; bukan adu kekuatan uang, apalagi yang berasal dari sumber-sumber ilegal," kata Ivan usai penandatanganan nota kesepahaman dengan Komisi Pemilihan Umum, Kementerian Pemuda dan Olahraga,, serta Kementerian Agama di Jakarta, Jumat (15/9).

Selain itu Ivan menegaskan bahwa PPATK siap mendukung dan membantu KPU dalam menyukseskan Pemilu Serentak 2024. Salah satu fokus PPATK menurut Ivan adalah menghindari peredaran dana ilegal dalam pembiayaan kontestasi politik.

"PPATK siap mendukung dan membantu KPU terkait dengan bagaimana menghindari adanya dana-dana yang berasal dari kegiatan ilegal untuk digunakan untuk pembiayaan kontestasi politik ini," kata Ivan.

Dalam hal pengawasan dana kampanye, Ivan mengatakan PPATK juga melakukan kajian khusus terkait batasan penyumbang dalam pendanaan kampanye politik. Dalam pelaksanaan tugas PPATK akan bertukar informasi dengan KPU. 

“Kami siap mendukung pemilu ini agar menjadi pemilu yang bersih ke depan," kata Ivan.

Sementara itu, dalam kesempatan yang sama, Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari menjelaskan KPU telah mewajibkan para peserta pemilu untuk melaporkan dana kampanye. Aturan mengenai penggunaan dana kampanye diatur dengan rinci mulai dari penerimaan, penggunaan hingga pelaporan. KPU merasa perlu bekerja sama dengan PPATK untuk menangani transaksi keuangan dan pelaporan dana kampanye tersebut.

"Untuk itu, disiapkan ada rekening khusus dana kampanye. Pasti modelnya bankable atau transferable melalui bank dan ada lembaga yang khusus menangani transaksi keuangan, yaitu PPATK," ujar Hasyim.

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...