Disebut Survei Bikin Suara Anies Gembos, Begini Respons Muhaimin

Ira Guslina Sufa
15 September 2023, 16:26
Muhaimin
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Muhaimin Iskandar atau Cak Imin selaku Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) (tengah) bersama Wakil Ketua Parta Nasional Demokrat Ahmad Ali melakukan konferesni pers saat berkunjung ke NasDem Tower, Jakarta, Rabu (6/9).

Bakal calon wakil presiden dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) Muhaimin Iskandar merespons temuan survei terbaru yang dirilis  Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC). Dalam temuan survei terbaru yang digelar 5-8 September disebutkan pasangan Anies Baswedan - Muhaimin Iskandar mengantongi elektabilitas 16,5%. 

Peneliti Utama sekaligus pendiri SMRC Saiful Mujani mengatakan perolehan suara Anies kali ini menurun dibanding survei yang sebelumnya telah dilakukan. Menurut Saiful pada survei sebelumnya saat Anies belum menetapkan cawapres, secara individu suara Anies berada di kisaran 20%. 

“Bila suara Anies-Muhaimin sekarang sekitar 16 %, ini mungkin mencerminkan kekuatan dua partai, bisa PKB dengan Nasdem atau Nasdem dengan PKS,” ujar Saiful seperti dikutip, Jumat (15/9). 

Lebih jauh ia mengatakan dari temuan survei dapat terlihat dukungan pada Anies sangat minim berasal dari kelompok independen dan hanya berasal dari partai pendukung. Bila dilihat dari data sementara tersebut, Anies belum memberikan efek ekor jas karena suara pendukungnya masih merupakan suara partai.

Menanggapi temuan survei tersebut, Muhaimin merespons santai. Ia mengatakan bahwa survei tersebut hanya akan dijadikan motivasi untuk bekerja lebih keras ke depannya. 

"Saya tidak perlu menanggapi, survei macem-macem ya. Silakan proses kita jadikan survei sebagai motivasi dan dorongan untuk bekerja dalam merebut hati rakyat," Muhaimin di halaman Masjid Al Fathu, Soreang, Bandung, seperti dikutip Jumat (15/9). 

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...