Jokowi Lobi MBZ Agar Bantu Bangun Gedung Universitas NU Yogyakarta

Muhamad Fajar Riyandanu
18 September 2023, 12:18
jokowi, mbz, nu
ANTARA FOTO/Media Center G20 Indonesia/Kemenkes RI/ Jerry Adiguna/wsj.
Presiden Joko Widodo (kanan) berjalan bersama Presiden Uni Emirat Arab Mohammed bin Zayed Al Nahyan usai melakukan pertemuan bilateral di sela-sela penyelenggaraan Pertemuan Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Nusa Dua, Bali, Senin (14/11/2022).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) tengah melobi Kepala Negara Uni Emirat Arab sekaligus Putra Mahkota Abu Dhabi, Sheikh Mohammed bin Zayed Al Nahyan alias MBZ. Tujuan lobi untuk membangun tambahan satu gedung sembilan lantai di Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Yogyakarta.

Gedung tersebut bakal melengkapi rencana pengadaan gedung kembar sembilan lantai di UNU Yogyakarta. Saat ini, UNU Yogyakarta sudah mengoperasikan sebuah gedung sembilan lantai untuk kegiatan akademik.

"Saat ini gedung sembilan lantai sudah selesai dibangun, interior dan furnitur hampir selesai," kata Jokowi dalam Musyawarah Nasional Alim Ulama dan Konferensi Besar Nahdlatul Ulama (NU) 2023 di Pondok Pesantren Al Hamid, Cilangkap, Jakarta Timur pada Senin (18/9).

Lobi Jokowi kepada MBZ ihwal kelanjutan pengadaan gedung kembar UNU Yogyakarta dilakukan saat keduanya bertemu di sela-sela kegiatan tahunan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di India pada 9 September lalu.

Menurut Jokowi, pertemuan yang berlangsung setengah jam itu menuai tanggapan positif. MBZ berencana untuk mengutus Menteri Energi dan Investasi Uni Emirat Arab, Suhail Mohammed Faraj Al Mazroui untuk melanjutkan dialog bulan ini.

"Saya berbicara setengah jam, saya singgung lagi masalah ini. 'Ya Pak Jokowi, sedang proses' jawab beliau," cerita Jokowi.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...