Kronologi Penahanan Staf Ahli Kemenkominfo Usai Bersaksi di Sidang BTS

Ade Rosman
20 September 2023, 06:00
Kemenkominfo
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/nym.
Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Kejaksaan Agung I Ketut Sumedana (kiri) memberikan keterangan kepada wartawan di Jakarta, Selasa (15/8/2023).

Kejaksaan Agung menangkap Tenaga Ahli di Kemenkominfo Walbertus Natalius Wisang. Walbertus ditahan usai memberi keterangan sebagai saksi dalam sidang terdakwa Johnny G Plate pada sidang kasus korupsi pembangunan Base Transceiver Station 4G Kementerian Komunikasi dan Informatika, di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi, Selasa (19/9).

"Pada hari ini (Selasa) sekitar jam 12 siang tadi, kami menerima informasi dari JPU yang sedang bersidang di Pengadilan Tipikor terkait dengan adanya dugaan perbuatan seseorang, yaitu WNW yang diduga telah melakukan perbuatan tindak pidana melanggar pasal 21 atau pasal 22 Tipikor," kata Kuntadi dalam konferensi pers di Gedung Bundar Kejaksaan Agung, Jakarta Selatan, Selasa (19/9).

Kuntadi mengungkapkan, tindak pidana yang dilakukan Walbertus yaitu memberikan keterangan tidak benar dalam persidangan. Ia juga disebut telah mencabut tidak sah keterangan di persidangan.

"Atas informasi tersebut, kami lakukan pemeriksaan terhadap para penyidik kami untuk memastikan bahwa pemeriksaan yang bersangkutan dalam tahap penyidikan telah benar dan telah dilakukan sesuai dengan ketentuan Undang-undang yang berlaku," kata Kuntadi.

Selanjutnya, setelah yakin dengan keterangan yang didapat, Kuntadi mengatakan Kejagung langsung menjemput paksa untuk dilakukan pemeriksaan Walbertus. Kendati demikian, Kuntadi menyebut status Walbertus belum sebagai tersangka.

"Kami memiliki waktu 1x24 jam untuk menentukan sikap apakah yang bersangkutan memenuhi syarat melakukan tindak pidana pasal 21 atau 22," kata Kuntadi.

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...