Pemerintah Umumkan Nama Kereta Cepat Jakarta-Bandung: Whoosh

Andi M. Arief
21 September 2023, 19:52
kereta cepat jakarta bandung, kereta cepat
ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah/hp.
Pemerintah akan memilih logo desain kereta cepat Jakarta-Bandung.

Pemerintah mengumumkan merek atau jenama kereta cepat yang akan beroperasi secara komersial pada Oktober 2023, yakni Whoosh. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, Presiden Joko Widodo berperan besar dalam pemberian jenama tersebut.

Menurut Budi,  merek Whoosh tersebut merupakan hasil diskusi antara dirinya, Jokowi, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri BUMN Erick Thohir, dan Mantan Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf. Seluruh petinggi negara tersebut melakukan uji coba kereta cepat pada pekan lalu, Rabu (13/9).

"Saat itu, Pak Pratikno bersama Pak Presiden berdiskusi, lalu saya bergabung. Beliau mengatakan kalau namanya cepat di Indonesia itu kan Whoosh. Jadi, Pak Presiden punya peranan banyak," kata Budi dalam konferensi pers di kantornya, Kamis (21/9).

Adapun Kamus Besar Bahasa Indonesia tidak mendefinisikan arti kata whoosh. Namun, kamus Merriam-Webster mengartikan kata whoosh sebagai suara yang diciptakan sesuatu yang cepat atau bergerak dengan sangat cepat.

Budi menjelaskan, pemilihan kata Whoosh sebagai merek kereta ce[at agar dapat dikenal tidak hanya di dalam negeri, tapi juga luar negeri.

Budi menyampaikan merek Whoosh menjadi kandidat saat Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut B Pandjaitan melakukan uji coba kereta cepat pada 22 Juni 2023. Saat itu, Luhut melakukan uji coba bersama Direktur Utama PT Kereta Cepat Indonesia China Dwiyana Slamet Riyadi.

Budi mencatat, kecepatan maksimum kereta cepat mencapai 385 kilometer per jam. Ia mengamati para petugas kereta cepat sontak menggerakkan tangan kanan dengan cepat ke arah dada kiri dan mengatakan Whoosh saat kecepatan maksimum diraih.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...