Jadi Ketum PSI, Kaesang Ungkap Skenario Penentuan Capres yang Diusung

Ade Rosman
26 September 2023, 06:30
Kaesang Ketum PSI
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/foc.
Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) terpilih Kaesang Pangarep menyampaikan orasi politiknya dalam Kopi Darat Nasional (Kopdarnas) PSI di Jakarta, Senin (25/9/2023).

Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia atau PSI Kaesang Pangarep menjelaskan posisi partainya dalam menghadapi kontestasi pemilihan presiden atau pilpres 2024. Putra bungsu Presiden Joko Widodo tersebut menyatakan hingga kini partainya belum menentukan arah dukungan pada kandidat calon presiden di Pilpres 2024.

"Jadi di kesempatan kali ini izinkan saya menyampaikan dukungan capres PSI di 2024 adalah, sabar toh sabar, kita tuh pelan-pelan dulu. Ojo kesusu," kata Kaesang saat menyampaikan pidato pertamanya usai resmi menjadi Ketum PSI, di agenda Kopi Darat Nasional atau Kopdarnas PSI di Djakarta Theater, Jakarta Pusat, Senin (25/9) malam.

Kaesang mengatakan saat ini PSI akan memilih posisi membuka diri dengan berbagai masukan. Ia menyebut setelah ditetapkan menjadi ketua umum PSI akan mendengar aspirasi dari seluruh lapisan kader mengenai arah dukungan di pilpres. 

"Beri kami waktu untuk mendengar langsung dan merasakan denyut di akar rumput baru kami tentukan arah kemenangan. Setuju ya? Kurang keras, kurang semangat. Setuju ya?" Kata Kaesang pada para kader PSI yang hadir.

Kaesang secara resmi ditunjuk sebagai Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia atau PSI. Kepastian itu termaktub dalam Surat Keputusan Dewan Pembina PSI yang dibacakan oleh Wakil Ketua Dewan Pembina PSI Grace Natalie.

"Menimbang dan seterusnya, memperhatikan dan seterusnya, memutuskan, menetapkan: 1. Pengangkatan Saudara Kaesang Pangarep sebagai Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Partai Solidaritas Indonesia periode 2023-2028," bunyi SK Dewan Pimbina PSI yang dibacakan Grace, Senin (25/9).

Adapun SK tersebut ditandatangani oleh Ketua Dewan Pembina PSI Jeffry Geovanie dan Sekretaris Dewan Pembina Raja Juli Antoni. Dalam pengumuman tersebut Giring Ganesha yang sebelumnya menjadi Ketua Umum PSI bersama Ratu Ayu Isyana Bagus Oka diangkat menjadi Dewan Pembina DPP PSI. Lalu, Raju Juli Antoni ditunjuk sebagai Sekretaris Jenderal PSI.

PSI hingga kini secara resmi memang belum mengumumkan sikap dalam pemilihan presiden. Namun dalam beberapa waktu terakhir sejumlah petinggi PSI terlihat aktif dalam berbagai kegiatan yang digelar Prabowo. Terakhir petinggi PSI hadir di kediaman Prabowo Subianto saat calon presiden yang diusung Koalisi Indonesia Maju itu menerima dukungan resmi dari Partai Demokrat. 


Reporter: Ade Rosman

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...