Resmi Jadi Ketum PSI, Kaesang Ditarget Bawa Partai Lolos ke Senayan

Ade Rosman
25 September 2023, 20:47
PSI
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Ketua DPP PSI Giring Ganesha menghibur kader PSI di Kopdarnas Partai Solidaritas Indonesia di Tennis Indoor Senayan, Jakarta, Selasa (22/8).

Partai Solidaritas Indonesia kini memiliki Ketua Umum baru. Putra Presiden Joko Widodo Kaesang Pangarep resmi menahkodai PSI menggantikan Giring Ganesha usai diumumkan di acara Kopi Darat Nasional atau Kopdarnas PSI di Djakarta Theater, Jakarta Pusat, Senin (25/9) malam.

Penunjukan Kaesang sebagai ketua umum PSI yang baru tertuang dalam Surat Keputusan Dewan Pembina PSI yang dibacakan oleh Wakil Ketua Dewan Pembina PSI Grace Natalie. Menurut Grace keputusan itu diambil setelah menampung aspirasi seluruh kader PSI yang tersebar di berbagai daerah.

"Menimbang dan seterusnya, memperhatikan dan seterusnya, memutuskan, menetapkan: 1. Pengangkatan Saudara Kaesang Pangarep sebagai Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Partai Solidaritas Indonesia periode 2023-2028," bunyi SK Dewan Pembina PSI yang dibacakan Grace, Senin (25/9). 

Adapun SK tersebut ditandatangani oleh Ketua Dewan Pembina PSI Jeffry Geovani dan Sekretaris Dewan Pembina Raja Juli Antoni. Dalam deklarasi tersebut, Giring Ganesha bersama Ratu Ayu Isyana Bagus Oka diangkat menjadi Dewan Pembina DPP PSI. Lalu, Raju Juli Antoni ditunjuk sebagai Sekretaris Jenderal PSI.

Target Lolos Pemilu 2024

Sebelumnya, Mantan Ketua Umum PSI Giring Ganesha mengatakan nama Kaesang sudah lama dibahas di internal partai. Menurut Kaesang komunikasi dengan Kaesang makin intens sejak ia mengumumkan mundur dari posisi ketua umum PSI tiga bulan lalu. 

"Sejak video saya yang keluar beberapa waktu lalu, sudah saya katakan 'Sudah saatnya mengembalikan partai ini ke pemilik sebenarnya.' Saat itu saya sudah sampaikan rekomendasi ke partai bahwa anak muda itu adalah Mas Kaesang Pangarep," kata Giring dalam keterangannya, Senin (25/9). 

Ia membantah proses Kaesang menjadi ketua umum melalui jalur instans. Giring memastikan Kaesang telah menjalani proses hingga namanya diumumkan sebagai ketua umum. Apalagi menurut dia, PSI punya harapan besar dengan hadirnya Kaesang sebagai Ketua Umum. 

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...