Pemerintah Ganti Skema Relokasi Rempang, Batal Gusur ke Pulau Galang

Andi M. Arief
26 September 2023, 05:30
Relokasi rempang
ANTARA FOTO/Teguh Prihatna/rwa.
Sejumlah warga terlibat aksi saling dorong saat berunjuk rasa terkait rencana pengembangan Pulau Rempang dan Galang menjadi kawasan ekonomi baru di Kantor Badan Pengusahaan (BP) Batam, Batam, Kepulauan Riau, Rabu (23/8/2023).

Menteri Investasi Bahlil Lahadalia menyatakan pemerintah mengubah skema relokasi yang disiapkan untuk warga Pulau Rempanh yang terdampak pembangunan proyek Rempang Eco City. Menurut Bahlil  pemerintah hanya akan menggeser warga  terdampak  ke bagian selatan Pulau Rempang.

Bahlil menyebutkan keputusan tersebut merupakan hasil komunikasi dengan tokoh masyarakat di salah satu desa terdampak. Dengan begitu warga tidak akan dipindahkan ke Pulau Galang seperti rencana semula. 

Bahlil menjelaskan lokasi relokasi tersebut adalah Desa Tanjung Banon yang terletak tiga kilometer dari posisi desa terdampak saat ini. Dengan demikian pemerintah berharap mata pencaharian warga terdampak saat ini tidak terganggu akibat relokasi.

"Saudara-saudara kita ini sebagian besar mata pencahariannya dari laut. Jadi, lokasi relokasi tersebut masih di laut yang sama, hanya digeser saja tempat tinggalnya," kata Bahlil dalam Konferensi Pers di kantornya, Senin (25/9).

Sebelumnya lokasi relokasi warga terdampak investasi di Pulau Rempang adalah Kelurahan Dapur Tiga di Pulau Galang. Bahlil menyatakan perubahan titik relokasi tersebut disebabkan laut di Pulau Galang berbeda dengan laut yang ada di Pulau Rempang.

Untuk rencana relokasi ke Pulau Galang ini Badan Pengelola atau BP Batam sebelumnya telah menyediakan dana Rp 1,6 triliun. Relokasi semula juga meliputi Kelurahan Tanjung Banon di Pulau Rempang dan Kelurahan Dapur Tiga di Pulau Galang. Meski begitu perubahan relokasi telah berubah dengan cepat. 

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...