Bank BSI Ditabalkan Masuk Katadata Corporate Sustainability Awards

Image title
Oleh Yandi M. Rofiyandi
27 September 2023, 13:25
Direktur Kepatuhan & SDM BSI Tribuana Tunggadewi menerima Katadata Corporate Sustainability Awards 2023 di Jakarta, Selasa (26/9).
Katadata
Direktur Kepatuhan & SDM BSI Tribuana Tunggadewi menerima Katadata Corporate Sustainability Awards 2023 di Jakarta, Selasa (26/9).

PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BSI) sukses memboyong “Katadata Corporate Sustainability Awards 2023”. Penghargaan ini merupakan apresiasi kepada perusahaan-perusahaan yang menerapkan sistem berkelanjutan serta berbagai inisiatif untuk meningkatkan dampak positif bagi lingkungan.

“Sebagai bank syariah terbesar di Indonesia dan Top 10 Global Islamic Bank, BSI memperlihatkan komitmen dalam menerapkan sustainable finance and banking. BSI menciptakan sinergi antara pertumbuhan bisnis, manfaat untuk umat dan nasabah, kesejahteraan lingkungan dan masyarakat secara luas, dan pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs),” demikian keterangan Katadata Insight Center (KIC) dalam pemberian penghargaan pada 26 September 2023 di Jakarta. 

Beberapa hal yang menjadi pertimbangan KIC dalam penghargaan ini di antaranya komitmen dan inovasi perusahaan dalam aksi hijau seperti transisi energi bersih. Demikian juga aksi korporasi dalam merealisasikan langkah produksi yang rendah emisi, pembiayaan berkelanjutan, dan sebagainya.

Di tahun ini, Katadata memberikan anugerah “Katadata Corporate Sustainability Awards” ke perusahaan di tujuh sektor, yaitu keuangan (finance), pertambangan (mining), perkebunan (plantation), makanan dan minuman (food and beverage), transportasi & logistik (transportation and logistic), bahan kimia (chemicals), dan energi (energy).

Sustainability sebagai bagian Nafas dan Jiwa BSI  

PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) diresmikan oleh Presiden RI Joko Widodo pada 2021. BSI lahir melalui penggabungan tiga bank syariah besar di Indonesia yakni PT Bank Syariah Mandiri, PT BNI Syariah dan PT Bank BRI Syariah Tbk. Bank ini mengemban amanah besar untuk perkembangan perbankan syariah nasional dan memberikan energi baru untuk Indonesia.

Untuk menjalankan amanah itu, BSI mutlak mengimplementasikan sustainable finance and banking. Ada tiga fokus dalam implementasi sustainable finance and banking, yaitu business refocusing, fixing the fundamentals, dan strengthen enablers. Pilar itu memperlihatkan bahwa keberlanjutan atau sustainability sudah menjadi bagian nafas, jiwa, serta suatu kesatuan dalam operasional perusahaan BSI. 

Prinsip menjaga keseimbangan antara pertumbuhan ekonomi dan kelestarian lingkungan dan kesejahteraan sosial demi keberlanjutan umat manusia sejalan dengan tujuan syariah atau maqoshid syariah. Tujuan syariah itu terdiri dari hifdz diin (menjaga agama), hifdz nafs (menjaga jiwa), hifdz aql (menjaga akal), hifdz nasb (menjaga keturunan) dan hifdz maal (menjaga harta).

BSI berkomitmen mewujudkan perbankan syariah yang menjadi cerminan dari Islam yang rahmatan lil alamin. Dengan kata lain, BSI menjadi rahmat bagi semesta alam melalui implementasi sustainable finance and banking yang mampu menciptakan sinergi antara pertumbuhan bisnis, manfaat untuk umat dan nasabah, kesejahteraan lingkungan dan masyarakat secara luas, dan pencapaian SDGs. 

“Bagi perbankan syariah, sustainability dan environment-social-governance (ESG) menjadi suatu kesatuan dalam operasional perusahaan,” kata Direktur Utama BSI, Hery Gunardi. 

Halaman:

SAFE Forum 2023 akan menghadirkan lebih dari 40 pembicara yang akan mengisi 15 lebih sesi dengan berbagai macam topik. Mengangkat tema "Let's Take Action", #KatadataSAFE2023 menjadi platform untuk memfasilitasi tindakan kolaboratif dari berbagai pemangku kepentingan yang disatukan oleh misi menjadikan Indonesia sebagai negara yang lebih hijau. Informasi selengkapnya di sini.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...