Pertamina Raih Katadata Corporate Sustainability Awards

Image title
Oleh Yandi M. Rofiyandi
27 September 2023, 13:43
Sebanyak 29 perusahaan dalam tujuh sektor yang tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI) serta perusahaan negara (BUMN) memperoleh penghargaan “Katadata Corporate Sustainability Awards (KCSA) 2023” pada Selasa (26/9/2023).
Katadata/Zaenuddin
Sebanyak 29 perusahaan dalam tujuh sektor yang tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI) serta perusahaan negara (BUMN) memperoleh penghargaan “Katadata Corporate Sustainability Awards (KCSA) 2023” pada Selasa (26/9/2023).

PT Pertamina (Persero) meraih "Katadata Corporate Sustainability Awards 2023". Penghargaan ini merupakan apresiasi kepada perusahaan-perusahaan yang menerapkan menciptakan sistem yang berkelanjutan serta berbagai inisiatif untuk meningkatkan dampak positif bagi lingkungan.

“Perusahaan menerapkan tata kelola baik/GCG untuk mencapai keunggulan daya saing berkelanjutan. Hasil penerapan GCG sepanjang 2022 mendapatkan penilaian 95,06% yang masuk ke dalam kategori sangat baik. Hasil penilaian ini meningkat dibandingkan 2021,” demikian keterangan Katadata Insight Center (KIC) dalam pemberian penghargaan pada 26 September 2023 di Jakarta. 

Beberapa hal yang menjadi pertimbangan KIC dalam penghargaan ini di antaranya komitmen dan inovasi perusahaan dalam aksi hijau seperti transisi energi bersih. Demikian juga aksi korporasi dalam merealisasikan langkah produksi yang rendah emisi, pembiayaan berkelanjutan, dan sebagainya. 

Di tahun ini, Katadata memberikan anugerah “Katadata Corporate Sustainability Awards” ke perusahaan di tujuh sektor, yaitu keuangan (finance), pertambangan (mining), perkebunan (plantation), makanan dan minuman (food and beverage), transportasi & logistik (transportation and logistic), bahan kimia (chemicals), dan energi (energy).

Strategi Pertamina Sambut Transisi Energi

PT Pertamina sebagai pemimpin di bidang transisi energi, berkomitmen mendukung target Net Zero Emission 2060. Perusahaan BUMN ini mendorong program-program yang berdampak langsung pada pencapaian sustainable development goals (SDG's). Seluruh upaya tersebut sejalan dengan penerapan environmental, social & governance (ESG) di seluruh lini bisnis dan operasi Pertamina.

Pertamina  telah menyiapkan strategi untuk menyambut transisi energi dan mengubah model bisnisnya ke bisnis yang lebih ramah lingkungan. Hal ini dengan diversifikasi produk ke energi terbarukan seperti panas bumi hingga revamping kilang untuk memproduksi BBM hijau.

"Kalau hanya bergantung terhadap energi fosil pasti tinggal tunggu sunset. Karena itu sejak 2020 bahkan sebelumnya, kami sudah menyiapkan bagaimana akselerasi transisi energi hijau," ujar Direktur Keuangan PT Pertamina (Persero) Emma Sri Martini. 

Pertamina berkomitmen menjaga prospek bisnis yang berkelanjutan dengan memprioritaskan keseimbangan dan kelestarian alam, perlindungan terhadap  lingkungan hidup serta kontribusinya terhadap terwujudnya kemandirian masyarakat.

Untuk mewujudkan komitmen tersebut, Pertamina telah menetapkan sejumlah inisiatif strategis, antara lain: pemberdayaan masyarakat berkelanjutan; berwawasan pelestarian lingkungan; inisiatif strategis terkait strategi bisnis; serta dilaksanakan secara tuntas (termasuk penyediaan prasarana, perilaku, tata nilai, dan membekali dengan pengetahuan/keterampilan).

Pertamina juga berupaya mendapatkan sertifikasi untuk menjalankan bisnis sesuai standar keberlanjutan. Pertamina berhasil memperoleh sertifikat ISO 9001:2015, ISO 14001:2015, ISO 45001:2018, dan memperoleh penghargaan PROPER dengan rating Emas. 

Halaman:

SAFE Forum 2023 akan menghadirkan lebih dari 40 pembicara yang akan mengisi 15 lebih sesi dengan berbagai macam topik. Mengangkat tema "Let's Take Action", #KatadataSAFE2023 menjadi platform untuk memfasilitasi tindakan kolaboratif dari berbagai pemangku kepentingan yang disatukan oleh misi menjadikan Indonesia sebagai negara yang lebih hijau. Informasi selengkapnya di sini.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...