Katadata Corporate Sustainability Awards Diraih Bank Mandiri

Image title
Oleh Yandi M. Rofiyandi
27 September 2023, 14:25
Mandiri Raih “Katadata Corporate Sustainability Awards (KCSA) 2023
Katadata
“Katadata Corporate Sustainability Awards (KCSA) 2023

Bank Mandiri berhasil meraih "Katadata Corporate Sustainability Awards 2023". Penghargaan ini merupakan apresiasi kepada perusahaan-perusahaan yang menerapkan menciptakan sistem yang berkelanjutan serta berbagai inisiatif untuk meningkatkan dampak positif bagi lingkungan.

“Komitmen untuk terus melakukan prinsip keberlanjutan membuat Bank Mandiri menerima award ini,” demikian keterangan Katadata Insight Center (KIC) dalam pemberian penghargaan pada 26 September 2023 di Jakarta. 

Beberapa hal yang menjadi pertimbangan KIC dalam penghargaan ini di antaranya komitmen dan inovasi perusahaan dalam aksi hijau seperti transisi energi bersih. Demikian juga aksi korporasi dalam merealisasikan langkah produksi yang rendah emisi, pembiayaan berkelanjutan, dan sebagainya.

Di tahun ini, Katadata memberikan anugerah “Katadata Corporate Sustainability Awards” ke perusahaan di tujuh sektor, yaitu keuangan (finance), pertambangan (mining), perkebunan (plantation), makanan dan minuman (food and beverage), transportasi & logistik (transportation and logistic), bahan kimia (chemicals), dan energi (energy).

Bank Mandiri Terus Melanjutkan Portfolio Berkelanjutan  

Bank Mandiri berkomitmen untuk terus menerapkan prinsip keberlanjutan yang sejalan dengan pilar environment, social, dan governance (ESG). Hingga kuartal pertama tahun ini saja, bank pelat merah ini berhasil menyalurkan pembiayaan sebesar Rp 232 triliun untuk portofolio berkelanjutan.

Masing-masing penyaluran pembiayaan ini berupa portofolio hijau atau green portfolio senilai Rp 109 triliun dan social portfolio sebesar Rp 123 triliun. Hal ini sejalan dengan regulasi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) melalui Peraturan OJK Nomor 51 tahun 2017.

“Bank Mandiri berkomitmen meningkatkan share sustainable financing serta mengembangkan produk keuangan berkelanjutan pada segmen wholesale dan ritel," ungkap Wakil Direktur Utama Bank Mandiri Alexandra Askandar di Jakarta, pada 6 Juni 2023.

Sedangkan untuk portofolio hijau, pihaknya menyalurkan pembiayaan untuk berbagai  kegiatan yang berdampak positif bagi lingkungan. Dari alokasi dana itu, telah terealisasi pembiayaan proyek-proyek ramah lingkungan seperti Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Poso berkapasitas 515 megawatt (MW) yang telah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada 25 Februari 2022. Selain itu, ada juga untuk PLTA Kerinci berkapasitas 350 MW.

Selain itu juga dialokasikan pada transportasi ramah lingkungan, di antara proyeknya adalah light rail transit (LRT) atau kereta api ringan hingga bus listrik. Pun demikian dengan  kendaraan bermotor listrik berbasis baterai hingga PLTS atap. 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...