Dirjen Imigrasi akan Koordinasi dengan KPK Lacak Mentan Syahrul Limpo

Muhamad Fajar Riyandanu
3 Oktober 2023, 18:22
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (tengah) didampingi Pj Gubernur Banten Al Muktabar (kedua kanan) dan jajaran Forkompimda berjalan bersama saat akan memimpin rapat koordinasi antisipasi dampak El Nino di Kantor Gubernur Banten di Serang, Selasa (18/7
ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman/foc.
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (tengah) didampingi Pj Gubernur Banten Al Muktabar (kedua kanan) dan jajaran Forkompimda berjalan bersama saat akan memimpin rapat koordinasi antisipasi dampak El Nino di Kantor Gubernur Banten di Serang, Selasa (18/7/2023).

Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) tengah melacak keberadaan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo yang saat ini masih berada di luar negeri.

Direktur Jenderal Imigrasi Kemenkumham Silmy Karim mengatakan Mentan Syahrul masih berada di luar negeri. Pernyataan tersebut mengacu dari data perlintasan dan kerja sama antarnegara.

Silmy menceritakan Syahrul meninggalkan Indonesia via Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang pada 24 September untuk menuju ke Roma, Italia untuk menghadiri Forum Tingkat Tinggi Konferensi Global tentang Peternakan Berkelanjutan Transformasi.

Hingga saat ini, Syahrul tak diketahui keberadaannya. “Belum masuk ke Indonesia, terakhir di Roma,” kata Silmy saat ditemui wartawan di Istana Merdeka pada Selasa (3/10).

Silmy mengatakan masih menunggu keputusan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkait kelanjutan dugaan kasus korupsi Syahrul. Keputusan KPK nantinya bakal menjadi pertimbangan Kemenkumham untuk menyematkan status Syahrul sebagai WNI yang masuk dalam daftar pencarian orang alias DPO.

"Saya belum dapat surat dari KPK berkaitan dengan usulan ataupun putusan berkaitan dengan kebutuhan dalam hal proses penyidikan di KPK," ujarnya.

Pada kesempatan tersebut, Silmy mengatakan pihaknya tak bisa melakukan pencarian terhadap Syahrul secara mandiri tanpa adanya surat dari KPK. "Saya membatasi diri sesuai dengan tugas dan fungsi karena itu ada kewenangan di KPK," kata Silmy.

Kementerian Pertanian dikabarkan kehilangan kontak dengan Menteri Syahrul Yasin Limpo saat tengah menjalani kunjungan kerja ke Spanyol Eropa. Kabar itu dibenarkan oleh Wakil Menteri Pertanian Harvick Hasnul Qolbi.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...