Mentan Syahrul Yasin Hilang Kontak di Eropa Usai KPK Geledah Rumahnya

Muhamad Fajar Riyandanu
3 Oktober 2023, 17:36
Mentan Syahrul Yasin Limpo
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/tom.
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo memberikan keterangan pers usai mengikuti rapat terbatas (ratas) terkait pupuk organik yang dipimpin Presiden Joko Widodo di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (27/4/2023).

Kementerian Pertanian dikabarkan kehilangan kontak dengan Menteri Pertanian atau Mentan Syahrul Yasin Limpo saat tengah menjalani kunjungan kerja ke Spanyol Eropa. Kabar itu dibenarkan oleh Wakil Menteri Pertanian Harvick Hasnul Qolbi. 

Menurut Harvick tim dari kementerian pertanian yang turut mendampingi Syahrul Yasin dalam kunjungan kerja ke Spanyol itu sudah tidak bisa menghubungi  Syahrul dalam tiga hari terakhir. Ia menyebut Syahrul sudah tidak bisa dihubungi sejak yang bersangkutan dijadwalkan pulang dari kunjungan kerjanya di Italia dan Spanyol.

"Sabtu (30/9) atau Minggu (1/10) harusnya (Syahrul Yasin Limpo) sudah kembali (ke Indonesia). Baru dua, tiga hari (tidak bisa berkomunikasi dengan SYL)," kata Harvick usai mengikuti rapat terbatas di Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa.

Mentan Syahrul seharusnya hadir dalam rapat terbatas Kabinet Indonesia Maju terkait mitigasi dampak fenomena El Nino yang dilaksanakan di Istana Merdeka Jakarta pada Selasa (3/10). Kehadiran Syahrul diwakili oleh Wakil Menteri Pertanian Harvick Hasnul Qolbi.

Harvick mengatakan dirinya tidak mengetahui keberadaan Syahrul hingga saat ini. Keduanya terakhir bertemu sebelum Syahrul menghadiri pertemuan dengan Menterian Pertanian Spanyol, Luis Planas Puchades di Madrid pada Jumat (29/9) lalu.

“Sampai detik ini kami belum ada kabar mengenai keberadaan Pak Menteri. Belum ada kontak sama sekali,” kata Harvick selepas ratas. 

Harvick menceritakan Syahrul mengajak pejabat eselon I dan eselon II dalam kunjungan kerja ke Spanyol itu. Menurutnya, rombongan terpecah saat pulang ke Indonesia karena tiket pesawat yang berbeda.

Kendati demikian, pihak Kementerian Pertanian (Kementan) belum membuat laporan kehilangan untuk mencari keberadaan Syahrul. Harvick meyakini bahwa pihak berwajib telah melakukan pencarian terhadap jejak menteri pertanian.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...