Ingin Pensiun di Solo, Jokowi Tolak Usulan Jadi Ketua Umum PDIP

Ameidyo Daud Nasution
5 Oktober 2023, 13:15
jokowi, pdip, mehgawati
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Dari kiri Bacapres PDIP Ganjar Pranowo, Presiden Joko Widodo, dan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri berbincang saat Rakernas PDIP di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Jumat (29/9).

Presiden Joko Widodo merespons isu dirinya diusulkan menjadi Ketua Umum PDI Perjuangan. Ia mengaku tak ingin memimpin partai banteng moncong putih karena akan pulang kampung usai tak jadi Presiden.

"Saya pensiun mau pulang ke Solo," katanya usai memimpin Upacara HUT TNI di Monas, Jakarta, Kamis (5/10).

Menurutnya, masih banyak kader muda yang bisa menggantikan Megawati Soekarnoputri. Jokowi lalu menyebut beberapa nama yang bisa memimpin PDIP di masa depan.

"Mbak Puan (Maharani), Mas Prananda (Prabowo)," kata Jokowi.

Dikutip dari Antara, wacana menjadikan Jokowi sebagai Ketum PDIP datang dari Guntur Soekarnoputra. Putra sulung Presiden pertama RI Soekarno itu juga mengusulkan adiknya, Megawati Soekarnoputri menjadi Ketua Dewan Pembina PDIP.

Megawati Soekarnoputri Rakernas PDI Perjuangan
Megawati Soekarnoputri Rakernas PDI Perjuangan (Muhammad Zaenuddin|Katadata)

Saran Guntur diamini oleh politisi PDIP yang juga mantan Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo. Meski demikian, menurutnya keputusan tersebut berada pada kongres PDIP.

Sedangkan Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto enggan menanggapi usulan tersebut. Ia mengatakan PDIP saat ini masih fokus memenangi Pemilihan umum 2024.

Selain itu, Hasto mengatakan trah keluarga Soekarno masih memiliki posisi yang kuat untuk menjadi Ketum PDIP selepas Megawati. Selain itu, ia meyakini Megawati dan keluarganya masih menjadi figur yang kuat.

Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu, Antara

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...