Ketua KPK Bantah Lakukan Pemerasan ke Mentan Syahrul Yasin Limpo

Ade Rosman
5 Oktober 2023, 20:55
Ketua KPK Bantah Lakukan Pemerasan ke Mentan Syahrul Yasin Limpo
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/tom.
Ketua KPK Firli Bahuri membantah pimpinan KPK melakukan pemerasan terhadap Mentan Syahrul Yasin Limpo.

Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Firli Bahuri membantah kabar adanya pimpinan lembaga antirasuah yang melakukan pemerasan terhadap Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo.

"Apa yang menjadi isu sekarang tentu kita juga harus pahami, namun demikian kita juga menyampaikan bahwa hal tersebut tidak benar dan tidak pernah dilakukan oleh pimpinan KPK," kata Firli dalam konferensi pers di Gedung KPK, Jakarta Selatan, Kamis (5/10).

Firli mengatakan, berdasarkan hasil penelusurannya, banyak yang menyalahgunakan foto dan mengatasnamakan pimpinan KPK untuk menghubungi petinggi negara seperti Kepala Daerah, Menteri, dan anggota DPR RI.

"Beberapa kali terjadi penyalahgunaan foto maupun picture yang mengatasnamakan ada beberapa kali, mengatasnamakan pimpinan. Menghubungi beberapa kepala daerah, menteri, bahkan anggota DPR RI itu pernah," katanya.

Firli mengatakan, ia pun tak mengetahui tentang penyalahgunaan data pimpinan KPK itu.

Pada kesempatan yang sama, ia pun menyatakan bahwa ia hanya memiliki satu orang ajudan bernama Kevin, dan tak ada ajudan lainnya. Selain itu, Firli mengatakan ia memang memiliki hobi olahraga bulu tangkis, setidaknya dua kali dalam seminggu.

"Dan tempat (bulu tangkis) itu adalah tempat terbuka jadi saya kira tidak akan pernah hal hal orang bertemu dengan saya atau apalagi kalau seandainya ada isu bahwa menerima sesuatu sejumlah satu miliar dolar, itu saya baca ya. Saya pastikan itu tidak ada. Bawanya itu 1 miliar dolar banyak loh. Kedua, siapa yang mau ngasih 1 miliar dolar?" ujarnya.

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...