Syahrul Yasin Limpo Resmi Serahkan Surat Pengunduran Diri ke Jokowi

Ameidyo Daud Nasution
5 Oktober 2023, 18:00
syahrul yasin limpo, mentan, kpk
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo muncul di Kementerian Pertanian pada Kamis (5/10) usai dikabarkan hilang di Eropa pada beberapa waktu lalu.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo resmi menyerahkan surat pengunduran dirinya kepada Presiden Joko Widodo. Surat tersebut diserahkan lewat Menteri Sekretaris Negara Pratikno.

Dalam penyerahan surat, Syahrul ditemani oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang juga kader Nasdem, Siti Nurbaya. Syahrul menjelaskan alasannya mundur karena ingin fokus pada kasusnya.

"Saya meminta waktu kepada Presiden, diberi kesempatan lewat Pak Pratikno untuk menyampaikan usulan untuk mengundurkan diri," katanya di Kementerian Sekretariat Negara, Jakarta, Kamis (5/10).

Syahrul mengatakan dirinya siap bertanggung jawab atas apapun perbuatannya. Meski demikian, ia meminta publik menerapkan asas praduga tak bersalah kepada dirinya.

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh mengatakan dirinya telah meminta langsung Syahrul untuk segera menghadap Jokowi. Permintaan ini disampaikan agar mantan Gubernur Sulawesi Selatan itu bisa fokus menghadapi kasusnya.

"Untuk memberi penghormatan kepada upaya penyidikan, agar bisa konsentrasi," kata Surya dalam konferensi pers di Nasdem Tower, Jakarta, Kamis (5/10) seperti disiarkan dalam Kompas TV.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...