Jawaban Menteri Teten soal Nasib Pedagang dan Afiliator Tiktok Shop

Andi M. Arief
6 Oktober 2023, 06:30
teten masduki, tiktok shop, afiliate
Katadata/Lenny Septiani
Menteri Teten usai bertemu dengan puluhan penjual di TikTok pada Senin (14/8).

Para penjual dan affliator mengeluhkan dampak penutupan Tiktok Shop terhadap bisnis mereka. Beberapa bahkan merasa seperti terkena Pemutusan Hubungan Kerja atau PHK massal. Namun demikian, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki meyakinkan penjual yang aktif di TikTok Shop masih bisa mempromosikan barang atau jasanya di di TikTok.

Menurut dia, Tiktok hanya menutup layanan Tiktok Shop. Dengan demikian, menurut dia, affiliator dan penjual tetap dapat mempromosikan barang di Tiktok Shop dengan transaksi di lokapasar lain. Menurutnya, hal tersebut dapat membentuk ekosistem bisnis yang berkelanjutan secara daring maupun luring, menjaga UMKM dan melindungi produk lokal.

"Bisnis yang dijalankan oleh seller dan affiliator tak akan terganggu dan tetap bisa berjalan," kata Teten dalam keterangan resmi yang dikutip Kamis (5/10).

Tiktok Shop di Indonesia resmi ditutup pada kemarin (4/11) pukul 17.00 WIB setelah pemerintah sebelumnya menerbitkan Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 31 Tahun 2023. Aturan tersebut mengatur proses perdagangan secara daring di dalam negeri, antara lain melarang social commerce.

TikTok pun berkomitmen untuk memberikan penuh pada pemenuhan pesanan yang telah maupun sedang berlangsung. Maka dari itu, Teten berharap agar TikTok Shop dapat segera memenuhi kewajibannya terhadap pedagang, affiliator, dan konsumen yang sebelumnya aktif berjualan di TikTok.

"Pemerintah mengapresiasi TikTok Shop karena mematuhi regulasi yang ada di Indonesia dan memahami dampak ekonomi yang perlu kami lindungi," ujar Teten.

Tiktok Shop Tutup, seperti PHK Massal

Para pedagangan dan affiliator khawatir dengan dampak penutupan Tiktok Shop terhadap nasib mereka. Sebagian besar dari mereka menjadikan Tiktok Shop sebagai salah satu sumber mata pencaharian. Salah satunya adalah Ameylia yang sudah menjadi afiliator di Tiktok Shop selama 1,5 tahun.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...