Top Stories: Warga RI Tidak Aktif di E-commerce, Gaya Mewah Kereta KAI

Aryo Widhy Wicaksono
6 Oktober 2023, 11:31
Ilustrasi e-commerce
Katadata
Ilustrasi e-commerce

Penjualan offline atau di luar jaringan internet, ternyata memiliki persepsi lebih positif di mata konsumen jika dibandingkan dengan saluran online

Meskipun dalam dekade terakhir ini e-commerce memberikan dampak besar pada perekonomian, tetapi belum dapat melewati signifikansi ritel tradisional. Temuan ini merupakan hasil penelitian Katadata Insight Center (KIC) dan platform social commerce, Evermos.

Pada penelitian ini, KIC dan Evermos mengidentifikasi pola dan perilaku konsumen dan brand lokal untuk memberikan wawasan mengenai pertumbuhan merek lokal di Indonesia.

Hasil riset mengenai perilaku konsumen ini memiliki minat baca tinggi dan menjadi salah satu artikel dalam Top Stories Katadata.co.id. Selain artikel tersebut, simak juga informasi mengenai layanan baru Kereta Suite Class Kompartemen dari KAI, serta kelebihan investasi emas.

Berikut Top Stories Katadata.co.id:

1. Riset KIC: 67% Penduduk Indonesia Bukan Pengguna Aktif E-commerce

Katadata Insight Center (KIC) dan Evermos, platform social commerce meluncurkan laporan yang mengidentifikasi pola dan perilaku konsumen dan brand lokal guna memberikan wawasan mengenai pertumbuhan merek lokal di Indonesia bertajuk “Beyond the Digital Frontier: Bagaimana Saluran Offline Memacu Kemajuan Merek Lokal”.

Metode riset dilakukan melalui tatap muka untuk mendapatkan insight mendalam tentang perilaku belanja konsumen dan persepsi mereka terhadap merek lokal.

Survei dilaksanakan pada bulan Mei 2023 dengan total 422 responden di delapan kota tier 2 dan tier 3 di Jawa.

Hasil temuan riset menujukkan, saluran offline masih memiliki persepsi yang lebih positif di kalangan konsumen dibandingkan dengan saluran online, meskipun pada dekade terakhir ini e-commerce memberikan dampak besar pada perekonomian.

2. KAI akan Luncurkan Kereta Suite Class, Ini Deretan Fasilitas Mewahnya

PT Kereta Api Indonesia akan meluncurkan layanan baru dengan fasilitas mewah, yakni Kereta Suite Class Kompartemen. Kompartemen ini dilengkapi dengan beberapa fasilitas kursi hingga toilet yang mewah.

Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo menjelaskan, suite class ini akan memiliki fitur-fitur yang akan memanjakan para penumpang. Salah satunya, yaitu kursi yang dapat direbahkan (reclining) hingga 180 derajat sehingga dapat berfungsi sebagai kasur tidur. Kursi tersebut juga dapat diputar (revolving) sehingga penumpang dapat menyesuaikan dengan arah perjalanan kereta api.

"Bahan kursinya pun terbuat dari kulit rusa premium yang sangat lembut," ujar Didiek dalam siaran pers dikutip Kamis (5/10).

Ia juga menekankan bahwa kereta suite class KAI ini didesain untuk privasi pelanggan secara maksimal. Adapun dalam 1 kereta, terdapat 16 ruang privat untuk masing-masing pelanggan. Setiap ruangan juga telah terpasang pintu geser yang dapat digerakkan secara elektrik.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...