Gerindra: Prabowo Bakal Bahas Nama Gibran dan Cawapres Lain dengan KIM

Ade Rosman
9 Oktober 2023, 17:09
Gerindra
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/tom.
Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani (kedua kanan) bersama Sekjen Partai Bulan Bintang (PBB) Afriansyah Noor (kanan) didampingi jajaran pengurus DPP kedua partai politik berbincang saat tiba di Kantor DPP PBB, Pasar Minggu, Jakarta, Senin (24/7/2023).

Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Ahmad Muzani mengungkapkan bakal calon presiden Prabowo Subianto akan mengajukan nama Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka untuk dibahas bersama rekan di Koalisi Indonesia Maju. Selain Gibran, nama kandidat calon wakil presiden lain juga turut dibahas. 

"Supaya keputusan ini menjadi keputusan bersama, termasuk nama Mas Gibran dan nama-nama lain nanti oleh Pak Prabowo akan diajukan di atas meja untuk dibicarakan bersama-sama," kata Muzani kepada di Gedung Joang 45, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (9/10).

Mulanya, Muzani mengungkapkan, nama Gibran muncul dari deklarasi relawan Solidaritas Ulama Muda Jokowi (Samawi) yang merupakan pendukung Presiden Joko Widodo. Adapun Rapat Pimpinan Nasional Samawi, mendeklarasikan dukungan untuk Prabowo sebagai calon presiden di Pilpres 2024, lantaran Menteri Pertahanan itu dianggap memiliki kemampuan untuk melanjutkan garis perjuangan Jokowi.

"Akan tetapi Samawi juga meminta kalau bisa calon wakil presidennya adalah Mas Gibran. Terhadap pikiran, pandangan, dan pendapat Samawi tersebut pak Prabowo mencatat, menghargai, dan menyimak dengan seksama atas aspirasi tersebut," kata Muzani.

Di sisi lain Muzani mengatakan untuk saat ini ia meminta para pendukung Prabowo bersabar. Dia mengatakan penentuan cawapres pendamping Prabowo masih terus digodok. 

Saat ini, Prabowo telah disokong dukungan dari Koalisi Indonesia Maju dalam menghadapi Pilpres 2024. Koalisi Indonesia Maju menjadi koalisi paling gemuk saat ini, terdiri dari Partai Gerindra, Golkar, Partai Amanat Nasional, Demokrat, Partai Bulan Bintang, Gelora dan Garuda. 

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...