Bersaksi di Sidang BTS, Dito Ungkap Punya Usaha Tambang hingga EO

Ade Rosman
11 Oktober 2023, 15:37
BTS
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/hp..
Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo (kiri) bersalaman dengan terdakwa selaku mantan Menkominfo Johnny G Plate seusai sidang lanjutan kasus dugaan korupsi BTS 4G di Pengadilan Tipikor, Jakarta Pusat, Rabu (11/10/2023).

Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo mengungkapkan sejumlah perusahaan yang berada di bawah naungannya. Hal itu disampaikan Dito saat bersaksi dalam sidang lanjutan Korupsi BTS 4G di Pengadilan Tipikor pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Rabu (11/10) untuk terdakwa mantan Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate. 

Mulanya, Hakim Ketua Fahzal Hendri yang memimpin jalannya sidang menanyakan jabatan Dito pada 2020 silam. Hal itu lantaran dugaan tindak pidana korupsi yang sedang diusut berada dalam rentang waktu tersebut. Kepada hakim, Dito mengungkapkan perusahaan yang dinaunginya yakni PT Syailendra Pangan Indonesia.

“Tahun 2020 apa jabatan saudara di tempat lain?” kata hakim bertanya.

“Tidak memiliki jabatan,” jawab Dito.

Menanggapi jawaban Dito, hakim kemudian menanyakan apakah pada saat itu Dito memiliki perusahaan atau tidak. Dito pun menjelaskan bahwa ia punya perusahaan swasta yaitu PT Syailendra. 

“Berapa PT saudara punya?” kata hakim lanjut bertanya.

“Wah, beranak-anak, Yang Mulia,” jawab Dito. 

“Holding ini maksudnya?” kata hakim memastikan.

“Betul,” Dito membenarkan.

Hakim pun kemudian menanyakan perusahaan yang dinaungi Dito bergerak di bidang apa. Mendengar pertanyaan hakim, Dito kemudian menjelaskan kalau perusahaan yang ia kelola  memiliki portofolio investasi. “Jadi ada di media, di pertambangan juga ada, di sawit ada. Jadi multisektor, Yang Mulia,” kata Dito.

Ia kemudian menjelaskan ada empat perusahaan yang induknya merupakan PT Syailendra. Di antara sejumlah perusahaan tersebut, menurut Dito lebih intens bergerak di bidang event organizer dan media. “Kalau pertambangan sawit kita supporting perusahaan keluarga Pak,” kata Dito.

Hakim pun kemudian menanyai sejumlah lokasi perusahaan pertambangan yang disebutkan Dito. Ia menyebut sejumlah daerah di antaranya tambang batu bara yang dimiliki mertuanya dan sawit di Kalimantan. Namun, untuk perusahaan sawit, Dito menyebut dikelola oleh adik iparnya.

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...