BMKG Perkirakan Jakarta Berawan, Suhu Maksimal 34 Derajat Celcius

Image title
15 Oktober 2023, 07:30
BMKG
ANTARA FOTO/Fakhri Hermansyah
Ilustrasi, seorang warga menggunakan payung saat cuaca terik.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan cuaca DKI Jakarta masih akan berawan pada Minggu (15/10). Sementara hujan baru terjadi di wilayah Kabupaten Bogor.

Mengutip data prakiraan cuaca di laman resmi BMKG, seluruh wilayah Jakarta diprediksi berawan dan cerah berawan pada pagi, siang, dan malam. Suhu diproyeksikan berkisar paling rendah 24 derajat celcius (0C) dan tertinggi 34 0C, dengan kelembapan udara bervariasi di tiap wilayah antara 55-90%.

Sementara, hujan diprediksi akan turun di Kabupaten Bogor, tepatnya di sekitar Cibinong, serta Kota Depok pada malam hari, dengan intensitas yang ringan.

Dilansir dari Antara, Minggu (15/10), BMKG juga mengeluarkan peringatan dini akan potensi hujan disertai kilat atau petir dan angin kencang pada skala lokal antara siang hingga malam hari di sebagian wilayah Kabupaten dan Kota Bogor.

Sebelumnya, Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengatakan, prediksi musim kemarau akan berakhir di sebagian besar wilayah Indonesia mulai akhir Oktober. Sedangkan awal musim hujan secara bertahap akan dimulai awal November.

Namun, akibat tingginya keragaman iklim, maka awal musim hujan tidak terjadi secara serentak di seluruh wilayah Indonesia. Sementara puncak musim hujan diprediksi akan terjadi pada Januari-Februari 2024.

Adapun, perkiraan lamanya cuaca panas telah diungkapkan BMKG akhir September lalu. Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto mengatakan sebagian besar wilayah Indonesia, terutama yang berada di selatan ekuator, masih mengalami musim kemarau.

Ia menjelaskan, mayoritas daerah akan memasuki periode peralihan musim selama Oktober hingga November. Bagian wilayah Indonesia yang memasuki masa peralihan musim pada Oktober-November diprediksi bercuaca cerah pada siang hari.

"Secara umum, fenomena suhu panas terik tersebut terjadi karena dipicu oleh beberapa kondisi dinamika atmosfer," kata Guswanto.

Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...