Gibran Masuk dalam Daftar Jurkam dan Jubir Pasangan Ganjar-Mahfud MD

Image title
21 Oktober 2023, 09:24
Gibran
ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha/Spt.
Ilustrasi Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka berjalan menuruni tangga setelah berfoto bersama pelajar usai mengikuti sidang Paripurna di DRPD Solo, Jawa Tengah, Kamis (19/10/2023).

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) memasukkan nama Gibran Rakabuming sebagai juru kampanye dan juru bicara Ganjar Pranowo-Mahfud MD. Penugasan ini tertuang dalam Instruksi DPP PDIP tertanggal 19 Oktober 2023 atau sehari setelah pasangan Ganjar-Mahfud mendaftar di KPU.

Gibran masuk dalam daftar para kepala daerah yang merupakan kader PDIP, seperti Bobby Nasution (Walikota Medan), dan Eri Cahyadi (Walikota Surabaya) yang ditugaskan untuk berperan aktif membantu upaya pemenangan pasangan Ganjar-Mahfud dalam Pilpres 2024.

Beberapa tugas yang diinstruksikan oleh DPP PDIP kepada para pemimpin muda tersebut, antara lain melakukan pemetaan dan menyusun strategi penggalangan pemilih muda di wilayah masing-masing. Kedua, bertindak sebagai juru kampanye dan juru bicara pasangan Ganjar-Mahfud, serta berkoordinasi dengan tim pemenangan pasangan Ganjar-Mahfud.

Kemudian, mensosialisasikan visi misi pasangan Ganjar-Mahfud kepada masyarakat umum, terutama kepada pemilih muda, serta berkoordinasi dengan tim pemenangan daerah.

Dalam instruksinya, DPP PDIP merasa keterlibatan aktif para kepala daerah muda sangat penting dalam usaha pemenangan pasangan Ganjar-Mahfud. Ini didasarkan atas besarnya antusiasme masyarakat, khususnya pemilih berusia muda, dalam Pemilu 2024.

Keluarnya surat instruksi dari DPP PDIP ini, dengan nama Gibran yang tertera di dalamnya, berlawanan dengan isu yang kembali santer, yakni mencuatnya nama Walikota Solo ini sebagai bakal calon wakil presiden (Cawapres) yang bakal mendampingi Prabowo Subianto dalam Pilpres 2024.

"Dinamika perubahannya sangat cepat. Sekarang Gibran (yang akan jadi cawapres)," kata dua orang sumber Katadata.co.id di dua partai berbeda, Jumat (20/10).

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto pun telah mengatakan telah berkomunikasi dengan Gibran. Ia merespons kabar putra sulung Presiden Joko Widodo itu bergabung dengan partai berlambang pohon beringin ini. Gibran disebut bergabung dengan Golkar melalui Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI).

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...