Pimpinan Partai Koalisi Indonesia Maju Bertemu Bahas Cawapres Prabowo

Safrezi Fitra
22 Oktober 2023, 12:22
prabowo, cawapres prabowo, koalisi indonesia maju,prabowo daftar ke kpu, pilpres 2024
ANTARA FOTO/Galih Pradipta/foc.
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (kempat kiri) bersama Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto (ketiga kanan), Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (ketiga kiri), Ketua Umum Partai Glora Anis Matta (kedua kiri), Ketua Umum PBB Yusril Ihza Mahendra (kedua kanan), Ketua Umum Partai Prima Agus Jabo Priyono (kiri), Ketua Umum Partai Garuda Ahmad Ridha Sabana (kanan) melakukan konfrensi pers usai menggelar pertemuan tertutup di Kediaman Prabowo Subianto, Jalan Kertanegara, Jakarta,

Juru bicara Prabowo Subianto Dahnil Simanjuntak mengatakan para pimpinan partai Koalisi Indonesia Maju (KIM) rencananya akan mengadakan pertemuan hari ini (22/10). Pertemuan ini untuk membahas nama calon wakil presiden yang akan mendampingi Prabowo dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

"Dalam rapat itu wajar terjadi silang pendapat dan hasilnya nanti akan diputuskan bersama siapa nama tersebut," kata Dahnil saat Deklarasi Posko Nasional Prabowo di Jakarta, Minggu, seperti dikutip Antara.

Dia menjelaskan, setelah pertemuan ini Partai Gerindra akan menggelar Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas). Dalam Rapimnas ini akan diumumkan secara resmi siapa nama cawapres pendamping Prabowo.

Menurutnya, Prabowo akan mengumumkan secara langsung siapa yang akan mendampingi dirinya di Pemilu Presiden 2024. Namun, dia belum bisa memberikan kepastian kapan Rapimnas Partai Gerindra akan dilakukan.

Dahnil hanya bisa memastikan Prabowo dan cawapresnya akan mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) sehari sebelum batas waktu pendaftaran capres dan cawapres berakhir, yakni pada Selasa (24/10). "Prabowo dengan pasangannya akan mendaftarkan diri pada Selasa paling lambat," ujarnya.

Adapun KPU telah menetapkan jadwal pendaftaran capres dan cawapres pada 19-25 Oktober 2023. Hingga saat ini sudah ada dua pasangan capres dan cawapres yang sudah mendaftar, yakni Anies Baswedan - Muhaimin Iskandar dan Ganjar Pranowo - Mahfud MD.

Jika rapat pimpinan partai Koalisi Indonesia Maju dilakukan hari ini Minggu (22/10), kemungkinan Rapimnas Partai Gerindra dilakukan pada hari Senin (23/10). Kemudian dilanjutkan dengan pendaftaran ke KPU keesokan harinya, yakni pada Selasa (24/10).

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...