Gibran Bertemu Puan Jelang Akhir Pekan Lalu, Pamit dari PDIP?

Ameidyo Daud Nasution
23 Oktober 2023, 11:48
gibran, prabowo, puan
ANTARA FOTO/Walda Marison/Ak/YU
Wali kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka (kanan) di dampingi inisiator Rahmat Ramadhani (kiri) menyapa simpatisan saat acara Gerakan Indonesia Memanggil Gibran di Tugu Proklamasi, Jakarta, Sabtu (21/10/2023) malam.

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengatakan dirinya telah bertemu dengan Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Puan Maharani. Ia melapor untuk menjadi calon wakil presiden Prabowo Subianto.

Gibran mengatakan Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Pranowo Arsjad Rasjid juga hadir dalam agenda tersebut. Meski demikian Gibran tak menjelaskan apakah dalam pertemuan tersebut ia pamit dari PDIP.

"Saya sudah berkomunikasi dengan Mbak Puan pada Jumat (20/10) malam," kata Gibran di Solo, Senin (23/10) dikutip dari Antara.

Putra sulung Presiden Joko Widodo itu juga akan mengikuti aturan yang ada usai diumumkan Prabowo menjadi bakal cawapresnya. Selain itu, ia juga akan menyelesaikan pekerjaan sebagai Wali Kota Solo.

"Insya Allah lanjut, aku ngawal terus," katanya.

KIM umumkan Gibran bacawapres Prabowo
KIM umumkan Gibran bacawapres Prabowo (ANTARA FOTO/ Donny Aditra/wpa/nz)

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto resmi mengumumkan Gibran Rakabuming Raka, sebagai calon wakil presidennya. Pengumuman ini dilakukan usai semua ketua umum partai politik di Koalisi Indonesia Maju (KIM) menggelar rapat di kediaman Prabowo di Jalan Kertanegara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Minggu (22/10) malam.

Prabowo mengatakan, KIM yang terdiri dari delapan partai politik yaitu Partai Golkar, PAN, Partai Demokrat, Partai Gerindra, Partai Gelora, Partai Bulan Bintang, Partai Garda Republik, dan Partai Prima telah berembug untuk mengusung dirinya dan Gibran pada Pilpres 2024.

“Ini keputusan aklamasi bulat dan konsensus dan kami siap maju untuk Indonesia maju,” kata Prabowo dalam jumpa pers di kediamannya, Minggu (22/10).

Prabowo mengatakan, ia dan Gibran akan mendaftarkan pencalonannya pada Rabu (25/10) mendatang ke KPU. “Demikian yang bisa saya sampaikan untuk masyarakat umum,” katanya


Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...