Jokowi Bertemu dengan AHY di Istana Kemarin, Bahas Apa?

Ameidyo Daud Nasution
24 Oktober 2023, 12:24
jokowi, ahy, demokrat
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/Spt.
Presiden Joko Widodo memberikan arahan ketika membuka BNI Investor Daily Summit 2023 di Jakarta, Selasa (24/10/2023).

Presiden Joko Widodo bertemu dengan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (24/10). Jokowi mengatakan pertemuan tersebut merupakan silaturahmi antara dirinya dengan putra sulung Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono itu.

Meski demikian, Jokowi tak menjelaskan secara detail apa saja yang menjadi pembahasan. "Silaturahmi, membicarakan hal-hal yang biasa," kata Jokowi usai berpidato di agenda BNI, Jakarta, Selasa (24/10).

Adapun, pertemuan tersebut dilakukan di tengah adanya kabar reshuffle pekan ini. Meski demikian, Jokowi enggan memastikan apakah pertemuan dirinya dengan AHY membahas kemungkinan Partai Demokrat masuk kabinet.

Partai Demokrat merupakan salah satu partai anggota Koalisi Indonesia Maju (KIM). Koalisi tersebut telah mengumumkan putra sulung Jokowi yakni Gibran Rakabuming Raka sebagai calon wakil presiden Prabowo Subianto. 

Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY)
Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) (Muhammad Zaenuddin|Katadata)

Jokowi juga telah bertemu Susilo Bambang Yudhoyono di Istana Bogor, Jawa Barat, awal bulan ini. Politikus senior Partai Demokrat Syarief Hasan mengatakan pertemuan antara Jokowi dan SBY merupakan silaturahmi biasa.

Ia membantah pertemuan itu membahas mengenai peluang Demokrat masuk dalam kabinet di pemerintahan Jokowi. Menurut Syarief saat ini belum merupakan waktu yang tepat bagi Demokrat untuk membicarakan soal kabinet.

"Terlalu dini bicara soal kab (kabinet)," kata Syarief seperti dikutip dari Antara. 


Reporter: Zahwa Madjid
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...